Windows 7 dan 8.1 Ditiadakan Hari ini, Begini Tanggapan Pengguna di Kendari

Muhammad Adhiatma Hidayat , telisik indonesia
Selasa, 10 Januari 2023
0 dilihat
Windows 7 dan 8.1 Ditiadakan Hari ini, Begini Tanggapan Pengguna di Kendari
Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Halu Oleo Kendari tidak lagi menggunakan Windows 7 dan 8.1. Foto: Muhammad Adhiatma Hidayat/Telisik

" Windows 7 dan 8.1 pada Selasa (10/1/2023) hari ini akan ditiadakan, dan pembaruan dari sistem operasi tersebut akan diberhentikan pada Selasa (17/1/2023) pekan depan "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi warga Kota Kendari yang memiliki laptop maupun komputer dengan sistem operasi Windows 7 dan 8.1 nampaknya harus siap-siap melakukan update.

Pasalnya, laptop maupun komputer yang masih mendukung sistem operasi tersebut pada hari ini Selasa (10/1/2023) akan ditiadakan, dan pembaruan dari sistem operasi tersebut akan diberhentikan pada Selasa (17/1/2023) pekan depan.

Hal ini tentu saja menuai beragam komentar. Salah satunya dari dosen Teknik Informatika Universitas Halu Oleo Kendari sekaligus Ketua Jurusan Program Studi Teknik Informatika, Isnawaty S.Si., M.T.

Sebagai dosen ia mengungkapkan, pembaruan sistem operasi Windows ini memang sangat diperlukan agar tetap bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi ke depannya dan tidak ketinggalan zaman.

"Jadi, untuk mendapatkan teknologi terbaru kita harus sering meng-update, terutama bagi mahasiswa kami di sini yang sedang membuat program maka harus menyesuaikan dengan Windows terbaru," ungkapnya saat ditemui di ruang dosen jurusan ilmu komputer UHO, Senin (9/1/2023).

Baca Juga: Tak Seperti Piala Dunia, Nobar AFF 2022 Tidak Diminati Warga

Saat ditanyai lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa Windows 7 sudah tidak dipakai sejak 2020 lalu.

"Mahasiswa kami yang masih menggunakan Windows 7 biasanya kami akan minta melakukan update ke Windows di atasnya," lanjutnya.

Salah satu mahasiswa teknik komputer UHO, Aldi mengungkapkan, secara pribadi dia juga turut mendukung peningkatan dari sistem operasi Windows tersebut.

Baca Juga: DPRD Kendari Soroti Permintaan Tambahan Dana UHC dari OPD

"Karena misalnya kalo kita pakai terus itu (Windows 7 dan 8.1) pasti masih sering macet. Itu mi makanya perlu adanya pengembangan lebih lanjut lagi ke depannya," tutur Aldi.  

Selain itu, bagi pengguna browser Chrome pada sistem operasi Windows 7 dan 8, batas update browser tersebut hanya sampai versi Chrome 109, hal ini diumumkan oleh Google pada Oktober 2022 lalu.

Jadi, bagi masyarakat Kota Kendari yang masih memiliki versi sistem operasi Windows di bawahnya, sebaiknya mencari cara untuk meningkatkan versi Windows ke ter-update, karena hal ini secara tidak langsung akan membahayakan data pribadi pengguna apabila tidak ada peningkatan sistem operasi terbaru. (B)

Penulis: Muhammad Adhiatma Hidayat  

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga