Wings Air Berhenti Beroperasi, Sektor Pariwisata Wakatobi Terancam

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Sabtu, 09 Juli 2022
0 dilihat
Wings Air Berhenti Beroperasi, Sektor Pariwisata Wakatobi Terancam
Layanan wisatawan dan tamu di Bandar Udara Matahora Wakatobi. Foto: Ist.

" Penghentian operasional Wings Air di Wakatobi bakal mengancam sektor pariwisata "

WAKATOBI, TELISIK. ID - Penghentian operasional Wings Air di Wakatobi bakal mengancam sektor pariwisata. Penghentian itu menjadi buah simalakama bagi pelaku usaha pariwisata maupun wisatawan.

Pasalnya, maskapai yang telah beroperasi sejak 2012 telah menjadi alternatif transportasi yang digunakan untuk melayani kunjungan domestik hingga wisatawaan manca negara.

Hal ini tentunya berdampak besar bagi para pelaku usaha yang berhubungan dengan aksebilitas seperti perhotelan, pemandu wisata, pemilik rumah makan, usaha rental mobil dan usaha lainnya yang bersentuhan langsung dengan sektor pariwisata.

“Banyak dari kita pelaku usaha sektor pariwisata secara gamblang menyatakan bahwa kondisi tersebut sangat berdampak. Terlebih kedatangan tamu-tamu yang sudah direncanakan dari jauh-jauh hari sebelumnya terpaksa harus cancel,” ungkap Sarfil, Ketua Genpi Wakatobi, Sabtu (9/7/2022).

Keadaan tersebut membuat sejumlah wisatawan bimbang untuk berkunjung ke Wakatobi, karena mereka enggan menggunakan jalur laut. Dikarenakan perjalanan akan memakan waktu yang cukup lama hingga berjam-jam, sehingga jadwal tour yang dapat dinikmati oleh wisatawan akan tersita akibat kendala tersebut.

Baca Juga: Kemenag Bombana Bakal Sembelih 92 Ekor Hewan Kurban

Sebagai pelaku usaha dan pemandu wisata, dia hanya bisa berharap semoga penerbangan di Wakatobi dapat kembali normal dengan memikirkan langkah-langkah sebagai solusi yang tidak memberatkan pihak swasta dan daerah.

“Semoga ke depannya bukan hanya satu maskapai yang bisa masuk ke Wakatobi namun maskapai yang lain juga bisa masuk, sehingga banyak pilihan untuk wisatawan dan terbukalah peluang-peluang lain," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Wakatobi, Nadar mengungkapkan, hingga kini pemerintah daerah masih berupaya mengkoordinasikan dengan para pihak terkait penghentian operasional Wings Air.

Baca Juga: Tinjau Pasar Tradisional, Pj Bupati Muna Barat Pastikan Stok dan Harga Sembako Terkendali

“Saat ini sedang didiskusikan oleh multipihak, dikoordinasikan dengan Dinas Pariwisata Provinsi, Kepala Bandara dan Direktur Regional II. Allhamdulliah sudah direspon Pak Menteri dan Pak Gubernur Sultra. Semoga hikmahnya akan lebih baik ke depan untuk aksesibilitas ke Wakatobi,” harapnya.

Untuk diketahui, maskapai Wings Air tidak lagi melayani penerbangan Kendari-Wakatobi dan sebaliknya sejak tanggal 8 Juli 2022 sampai waktu yang belum ditentukan. Pihak maskapai menawarkan alternatif penerbangan jalur  Bandara Baubau serta pilhan penerbangan bagi penumpang sewa tertentu.

"Efektifnya tanggal 8, namun kami tetap membuka pelayanan lain misalnya carter atau kalau ada pesawat yang membutuhkan landing atau take off,” jelas Yogi, Kepala  Bandara Matohara Wakatobi  saat dihubungi via telepon. (A)

Penulis: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga