Wisata Air Terjun Nusa Tenggara Timur Ini Mirip Sungai di Inggris

Berto Davids, telisik indonesia
Minggu, 16 April 2023
0 dilihat
Wisata Air Terjun Nusa Tenggara Timur Ini Mirip Sungai di Inggris
Wisata air terjun di Nusa Tenggara Timur mirip sungai di Inggris. Foto: Ist.

" Sebuah wisata alam menakjubkan terletak di Nusa Tenggara Timur, salah satunya air terjun Pangkadari yang terletak di Desa Wae Codi, Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai. Air terjun itu memiliki kemiripan dengan sungai di Inggris "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Sebuah wisata alam menakjubkan terletak di Nusa Tenggara Timur, salah satunya air terjun Pangkadari yang terletak di Desa Wae Codi, Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai. Air terjun itu memiliki kemiripan dengan sungai di Inggris.

Untuk menuju lokasinya, dari Kota Ruteng menuju Pagal, Kecamatan Cibal, bisa ditempuh dengan jarak kurang lebih 21 Km, melewati jalan trans Ruteng-Reo. Setelah pertigaan Golonggorong, Pagal menuju Desa Wae Codi ditempuh dengan jarak sekitar 6 km, melalui Desa Compang Cibal, dengan jalan telah beraspal hingga dapat dilewati kendaraan roda dua dan roda empat.

Ketika melintas jalur ini, pengendara perlu berhati-hati karena keadaan jalannya berliku-liku dan selama dalam perjalanan tampak pemandangan alam yang begitu indah dan mempesona.

Baca Juga: Uniknya Wisata Pantai Kayu Angin Kolaka yang Punya Suara Khas

Air Pangkadari mempunyai keunikan tersendiri, yang bahkan beberapa orang menyebutnya sebagai keajaiban.

Staf Kecamatan Cibal Barat, Jefri Teping mengatakan ketika mengunjungi Air Terjun Pangkadari, dirinya menjumpai keanehan. Lumut yang tumbuh menempel pada dinding batu mengeras, tidak seperti tumbuhan lumut lainnya yang mudah rontok dan licin.

Keajaiban pun tidak hanya berhenti sampai di situ. Teping yang akrab disapa Arka Dewa juga mendapati ranting dan daun yang mengeras seperti batu.

Sementara, air yang mengalir di air terjun ini bening dan tidak berbau seperti umumnya ciri-ciri air yang mempunyai kandungan zat kapur.

Dengan penasaran, Arka Dewa selanjutnya mempelajari fenomena tersebut melalui mesin pencarian google. Ternyata fakta yang sama terjadi di bagian bumi lain persisnya di Sungai Nidd, Neilsborg, Dorcaser Utara, Inggris.

Artikel lainnya pesona Asri Wisata Goa Air Wonosari favorit keluarga Arka Dewa mengungkapkan, jika awalnya masyarakat setempat mempercayai mitos bahwa mata air di sungai Nidd sudah mendapat kutukan.

Baca Juga: Rice Field Trail, Tempat Wisata yang Mengandalkan Keindahan Sawah Petani Manggarai

Selanjutnya, seorang ahli melakukan penelitian yang dapat membuktikan mata air di sungai Nidd mempunyai banyak kandungan mineral yang bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Arka Dewa mempunyai keyakinan, Air Terjun Pangkadari juga mempunyai khasiat yang sama dengan Sungai Nidd di Inggris.

Sementara itu salah satu wisatawan, Chris mengaku senang saat ke tempat itu. Ia bilang tempat itu sangat ajaib seperti sedang berada di eropa. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga