Wisata Alam Jadi Target Liburan Akhir Tahun di Buton Tengah

Haidir Muhari, telisik indonesia
Kamis, 31 Desember 2020
0 dilihat
Wisata Alam Jadi Target Liburan Akhir Tahun di Buton Tengah
Pantai Mutiara salah satu objek wisata si Buteng. Foto: Repro travelspromo.com

" Pantai Mutiara ini cantik sekali, mungkin dinamakan Pantai Mutiara karena pasirnya yang putih bersih, air lautnya juga biru mengkilat. Kalo kita yang perawatan tidak mau mandi air laut karena bikin hitam kita bisa pergi mandi di permandian Gumanano di sana airnya tawar. "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjelang akhir tahun, banyak orang merencanakan liburannya dengan mengunjungi tempat wisata.

Berikut Telisik.id menyajikan beberapa destinasi wisata yang ada di Buton Tengah, yang dapat dijadikan target untuk liburan akhir tahun.

 

Pantai Mutiara Buteng. Foto: Repro google.com

 

1. Pantai Mutiara

Pantai mutiara merupakan salah satu pantai yang ada di Buton Tengah khususnya di desa Gumanano.

Keindahan Pantai Mutiara mampu memberi kesan tersendiri bagi pengunjungnya.

Di pantai ini kita dapat melihat secara langsung perpaduan pasir putih yang bersih dan air laut jernih. Pantulan sinar matahari yang menambah keindahan lautnya membuatnya terlihat eksotis.

Bagi pengunjung yang tidak ingin mandi air asin bisa langsung ke permandian Gumanano, karena di sana air tawar dan jaraknya pun dekat.

"Pantai Mutiara ini cantik sekali, mungkin dinamakan Pantai Mutiara karena pasirnya yang putih bersih, air lautnya juga biru mengkilat. Kalo kita yang perawatan tidak mau mandi air laut karena bikin hitam kita bisa pergi mandi di permandian Gumanano di sana airnya tawar," ungkap Putri seorang pengunjung dari Mawasangka.

Akses jalan menuju Pantai Mutiara pun sudah teraspal dan jarak wisata ini terhitung dari pelabuhan Wamengkoli sekitar 80 km. Untuk bisa sampai ke wisata ini memerlukan waktu kurang lebih 3 jam dari pusat kota Baubau.

Sedangkan untuk masuk ke Pantai Mutiara cukup dengan membayar uang masuk sebesar Rp 7.000.

Baca juga: Melewati Malam Pergantian Tahun di Puncak Ahuawali

 

Danau Fotu. Foto: Youtube Arifuddin Arif

 

2. Danau Fotu

Danau Fotu merupakan salah satu wisata alam yang ada di Buton Tengah, khususnya di Desa Kanapa-napa.

Danau Fotu merupakan tempat wisata yang nyaris tidak pernah sepi pengunjung. Letaknya yang berada di tengah hutan membuat udaranya sejuk dan pohon-pohon di sekitarnya menambah keindahan wisata alam ini.

Danau Fotu memiliki kedalaman yang berbeda mulai dari yang dangkal sampai yang terdalam, sehingga tidak meresahkan jika anak anak pun ikut mandi. Apalagi, air di danau inipun sangat bersahabat karena terasa sejuk. Bebatuan dalam air pun dapat terlihat jelas karena airnya yang biru dan jernih.

"Saya suka liburan di Danau Fotu ini karena airnya tidak terasa dingin biar kita mandi lama-lama kita tidak menggigil, beda dengan tempat mandi di wisata lain, baru berendam berapa menit saja sudah kedinginan mi," kata Yanti seorang pengunjung dari Baubau.

Danau ini memiliki panjang 90 meter dan lebar 7 meter. Untuk masuk ke wisata alam Danau Fotu kita hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5000 untuk roda 2 dan Rp 10.000 untuk roda 4.

Untuk mencapai Danau Fotu, terhitung dari pusat Kota Baubau, kita dapat menyeberang menggunakan spit ataw ferry ke pelabuhan Wamengkoli sekitar 15 menit, dan dari Wamengkoli melalui jalur darat untuk sampai ke wisata alam Danau Fotu memerlukan waktu sekitar 3 jam dengan jarak tempuh 90 km.

Baca juga: Wakatobi Buka Tempat Wisata di Tahun Baru, Wisatawan Domestik Boleh Berkunjung

 

Pantai Wantopi. Foto: Pinterest

 

3. Pantai Wantopi

Pantai Wantopi terletak di Desa Wantopi tepatnya di Teluk Lasori, Buton tengah.

Dengan bentangan pasir putih yang di kelilingi oleh lautan menambah pesona alam wisata ini. Adanya jejeran pohon kelapa di sepanjang pantai membuatnya semakin menarik sehingga pengunjung enggan untuk meninggalkan tempat ini. Di pantai ini juga terdapat jembatan yang menghubungkan langsungg dengan pemukiman warga.

"Pantai ini bagus apalagi kalo kita foto pas air lautnya naik, bagus sekali pemandangannya. Untuk jalan jalan ke sini juga kita tidak perlu bayar, sehingga beda dengan wisata lainnya," ungkap Fardin pengunjung dari Kota Raha.

Agar bisa sampai ke wisata ini, dapat ditempuh dengan 2 alternatif yaitu jalur darat dan jalur laut. Terhitung dari Kota Baubau kita dapat menyeberang ke pelabuhan Wamengkoli menggunakan spit dan ferry, lalu menggunakan jalur darat dan untuk sampai di tempat tujuan memerlukan waktu 2 jam dengan jarak tempuh 65 km.

Jika menggunakan jalur laut terhitung dari pusat kota Baubau kita dapat menggunakan kapal dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Untuk berkunjung ke pantai Wantopi tidak dipungut biaya apapun (gratis). (B)

Reporter: Handrayana

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga