Wisata Bersejarah Goa Liangkabori

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Minggu, 19 Februari 2023
0 dilihat
Wisata Bersejarah Goa Liangkabori
Goa Liangkabori adalah salah satu tempat wisata bersejarah yang ada di Kabupaten Muna. Foto: Repro Instagram Herna_123

" Gua Liangkabori memiliki nilai sejarah yang penting, karena di dalamnya ditemukan beberapa artefak prasejarah yang menunjukkan bahwa gua ini pernah dihuni manusia purba "

MUNA, TELISIK.ID – Menjadi tempat wisata bersejarah yang masih sering dikunjungi masyarakat, ternyata ini keindahan gua alam Liangkabori Muna yang memiliki nilai arkeologi yang sepatutnya terus dirawat.

Gua Liangkabori adalah sebuah gua alam yang terletak di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Gua ini memiliki keunikan tersendiri karena di dalamnya terdapat beberapa stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami. Selain itu, gua ini juga memiliki arus air yang mengalir di dalamnya, sehingga memberikan pengalaman unik bagi pengunjung yang ingin menjelajahi gua ini.

Gua Liangkabori juga memiliki nilai sejarah yang penting, karena di dalamnya ditemukan beberapa artefak prasejarah yang menunjukkan bahwa gua ini pernah dihuni oleh manusia purba. Beberapa artefak tersebut antara lain adalah gerabah, kapak batu, dan tulang binatang yang digunakan sebagai alat-alat pemukul.

Gua Liangkabori kini telah menjadi salah satu objek wisata yang populer di Kabupaten Muna, karena keindahan alam dan sejarah yang dimilikinya. Gua ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara untuk melakukan kegiatan hiking, fotografi, atau sekedar bersantai menikmati pemandangan alam yang indah.

Baca Juga: Pesona Eksotis Gua Watuburi Bombana yang Merupakan Situs Prasejarah

Baca Juga: Ternyata di Indonesia Ada 'Negeri Peri' Bikin Ridwan Kamil Heran

Salah satu penduduk lokal, Yusril Prayogi (23) menjelaskan, Liangkabori terletak di Desa Liangkabori, Dusun 2, Kecamatan Lohia, Muna. Letaknya kurang lebih 10 kilometer dari pusat kota Raha, yang bisa diakses menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4. Untuk menuju Liangkabori, masyarakat melewati jalan poros Raha-Mabolu, Kecamatan Lohia.

‘’Pengelolaannya dipegang oleh pemerintah setempat namun tidak ada biaya retribusi apapun untuk masuk ke dalamnya. Tempat ini juga dibuka untuk umum dan sering kali juga mahasiswa dan siswa datang untuk study tour,’’ ucapnya.

Selain itu, Marsida, mahasiswa yang pernah datang study tour menjelaskan bahwa banyak hal yang menarik di dalam gua yang menjadi situs bersejarah namun belum begitu terekspose. Bukan hanya sebagai wisata bersejarah, Marsida juga mengatakan, Goa Liangkabori bisa menjadi spot foto menarik. (B)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga