adplus-dvertising

Wisata Religi Mesjid Al Alam Kendari, Pilihan Liburan Akhir Tahun

Haidir Muhari, telisik indonesia
Kamis, 24 Desember 2020
1994 dilihat
Wisata Religi Mesjid Al Alam Kendari, Pilihan Liburan Akhir Tahun
Suasana Masjid Al-Alam Kendari di malam hari. Foto: Yuniarsi Agustus/Telisik

" Pemandangan yang indah, dengan infrastruktur yang sangat keren, Masjid Al-Alam menjadi tempat wisata keluarga tidak hanya dari dalam Kota Kendari, yang dari luar Kendari pun jika jalan-jalan di Kendari pasti selalu masjid ini menjadi tujuan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Masjid Al-Alam yang ada di Kota Kendari, menjadi Salah satu masjid terunik di Indonesia. Keunikannya karena terletak di atas perairan Teluk Kendari.

Masjid ini menjadi salah satu ikon wisata religi yang ramai dikunjungi oleh masyarakat. Terlebih akhir tahun ini, diperkirakan akan banyak wisatawan yang datang ke masjid ini.

Dari pantauan Telisik.id Rabu (23/12/2020), suasana Masjid Al-Alam terlihat ramai. Diperkirakan pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari dalam Kota Kendari, tetapi juga dari daerah lain di Sulawesi Tenggara.


Kebanyakan para pengunjung datang pada sore hari. Bukan sekedar menikmati keindahan masjidnya, namun umumnya mereka juga ingin menikmati senja hari dari atas megahnya Masjid Al-Alam.

Menjelang salat magrib para pengunjung berbondong-bondong mengambil kesempatan untuk sejenak melaksanakan salat. Saat masuk masjid, kemegahan bangunannya pun membuat takjub.  

Saat tim Telisik melakukan wawancara terkait pendapat masyarakat dengan adanya Masjid Al Alam sebagai ikon dan lokasi wisata religi di Kota Kendari, beberapa tanggapan berbeda bermunculan.

"Menurut saya sah-sah saja jika masjid dijadikan tempat wisata, contohnya kita bisa berwisata religi tetapi harus dalam batasan wajar seperti tidak membuang sampah sembarangan. Di sini juga kita bisa menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan, karena letaknya di tengah laut membuat jiwa saya merasa tenang dan damai tiap kali mengunjungi masjid ini," ungkap salah satu pengunjung yang berasal dari Pulau Muna, Rabu (23/12/2020).

Baca juga: Danau Fotu, Destinasi Wisata yang Tak Pernah Sepi

Sementara Safaerudin pengunjung lainnya menyebut, karena letaknya di tengah Teluk Kendari, Masjid Al-Alam menjadi lebih dikenal dengan sebutan masjid terapung.

Dengan desain bangunan yang sangat indah, tidak heran banyak pengunjung yang mengabadikan lewat foto.

"Pemandangan yang indah, dengan infrastruktur yang sangat keren, Masjid Al-Alam menjadi tempat wisata keluarga tidak hanya dari dalam Kota Kendari, yang dari luar Kendari pun jika jalan-jalan di Kendari pasti selalu masjid ini menjadi tujuan," ungkap Safaerudin.

Diketahui, masjid terapung nan cantik ini dibangun pada tahun 2010 kemudian diresmikan penggunaannya pada tahun 2018. Pemandangan yang mengeliling Masjid Al-Alam ini juga begitu memikat mata.

Jika sekilas dilihat, bangunan masjid ini tampak seperti hotel mewah yang terletak di Burj Al Arab di Dubai.

Lokasinya jauh dari hiruk pikuk perkotaan, sehingga begitu menarik dan memanjakan mata.

Jika beruntung, tak jarang sekelompok burung camar melintas berterbangan mengelilingi bangunan Masjid Al Alam, menjadi pemandangan yang tak boleh dilewatkan. (B)

Reporter: Yuniarsi Agustus

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga