Wisata Tersembunyi Bukit Alebo di Konawe Selatan, Tampilkan Sunrise yang Indah

Nyoman Andre Mahendra, telisik indonesia
Selasa, 04 Juli 2023
0 dilihat
Wisata Tersembunyi Bukit Alebo di Konawe Selatan, Tampilkan Sunrise yang Indah
Pemandangan dari atas Bukit Alebo, dipenuhi ilalang yang indah. Foto: Nyoman Andre mahendra/Telisik

" Bukit Alebo di Desa Alebo, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, bisa menjadi rekomendasi tempat liburan bersama teman, keluarga maupun pasangan "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Konawe Selatan memiliki banyak potensi wisata yang sangat indah, mulai dari air terjun, pegunungan, pantai, perbukitan dan taman. Terkenal juga dengan wisata baharinya, namun belum banyak diketahui orang.

Salah satunya adalah Bukit Alebo, tujuan wisata baru di Konawe Selatan. Tempat ini bisa menjadi rekomendasi tempat liburan bersama teman, keluarga maupun pasangan.

Bukit Alebo terletak di Desa Alebo, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Jika berangkat dari Kota Kendari, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk tiba di Bukit Alebo menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Tapi sangat disarankan untuk menggunakan roda dua karena medan jalan yang belum terlalu baik.

Bukit Alebo menawarkan panorama alam berupa pepohonan hijau asri, yang merupakan daerah perkebunan milik warga. Bukit Alebo dipenuhi dengan tanaman ilalang yang sangat bagus untuk dijadikan latar berswafoto.

Biasanya banyak masyarakat yang berkunjung untuk camping di bukit ini. Di pagi hari, pengunjung akan disambut oleh sunrise yang sangat indah.

Baca Juga: Pantai Pasir Putih Konawe Selatan Hidangkan Nuansa Asri dan Mangrove, Pilihan Rekreasi Baru

Wardana, salah seorang pengunjung Bukit Alebo mengatakan, dia bersama teman-temannya sedang melakukan camping dan diakhiri dengan berfoto ria.

"Bukit Alebo ini awalnya saya hanya dengar dari teman-teman di kampus, katanya ada bukit yang mirip dengan Puncak Ahuawali. Kita penasaran untuk cari tahu lokasinya, dan kebetulan ada salah satu teman kita yang tinggal di daerah sini, maka kita cobalah untuk mendaki," ungkapnya pada Telisik.id.

Indahnya sunrise dari atas Bukit Alebo. Foto: Nyoman Andre Mahendra/Telisik

 

Bukit Alebo merupakan sebuah bukit yang dimiliki masyarakat setempat. Kiri kanannya adalah perkebunan milik masyarakat desa, ada juga aliran sungai yang airnya sangat jernih.

"Airnya kelihatan dari puncak Alebo sini. Kita rencana turun tapi kata teman saya airnya alirannya deras dan lumayan dalam, kita cukup lihat keindahannya dari atas saja," ungkap Wardana.

Baca Juga: Waburi Park, Keindahan Desa Wisata di Buton Selatan

Pemerintah setempat belum mengambil alih destinasi wisata ini, dikarenakan belum ramai orang yang berkunjung. Dan kebetulan tanahnya adalah milik masyarakat sekitar yang sampai saat ini masih dibiarkan menjadi tempat wisata.

"Sementara sudah dirembugkan oleh pemerintah setempat, agar bisa dijadikan tempat wisata yang baik dan terkelola. Semoga pengunjung semakin ramai agar segera bisa direalisasikan dijadikan kawasan wisata pegunungan yang baru untuk wilayah Konawe Selatan," ujar Ikram, salah warga sekitar Bukit Alebo.

Karena fasilitasnya yang belum cukup memadai, disarankan kepada pengunjung yang berniat mengunjungi tempat wisata ini untuk membawa bekal makanan, menggunakan alas kaki senyaman mungkin, karena untuk bisa tiba di Bukit Alebo, akan melewati jalan setapak. (B)

Penulis: Nyoman Andre Mahendra

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga