Workshop Tugas dan Klinik Ujian UT Kendari, Tingkatkan Kesiapan Akademik Mahasiswa

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 18 Oktober 2023
0 dilihat
Workshop Tugas dan Klinik Ujian UT Kendari, Tingkatkan Kesiapan Akademik Mahasiswa
Mahasiswa baru UT Kendari jalani Workshop Tugas dan Klinik Ujian untuk persiapan sistem belajar jarak jauh. Foto: Ist.

" Universitas Terbuka (UT) Kendari sukses menyelenggarakan Workshop Tugas dan Klinik Ujian untuk Mahasiswa "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Terbuka (UT) Kendari sukses menyelenggarakan Workshop Tugas dan Klinik Ujian untuk Mahasiswa. Kegiatan ini adalah rangkaian dari Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) yang telah dilaksanakan sebelumnya yaitu Orientasi Studi Bahasiswa Baru (OSMB) dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ).

Workshop ini merupakan salah satu bentuk bantuan layanan akademik yang diberikan kepada mahasiswa UT. Melalui workshop ini, mahasiswa diberikan pemahaman dan pembimbingan dalam melaksanakan proses pembelajaran dan mengerjakan tugas-tugas dengan baik.

Selama workshop, mahasiswa dilatih dalam menemukan dan mengolah berbagai sumber bahan dan sumber belajar, menyelesaikan tugas tutorial, tugas mata kuliah, menulis karya ilmiah, serta mengerjakan tugas praktik/praktikum.

Sementara itu, Klinik Ujian merupakan layanan yang diberikan kepada seluruh mahasiswa UT untuk memahami proses asesmen atau evaluasi hasil pembelajaran. Tujuan dari klinik ini adalah untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi ujian dan memberikan bimbingan/konseling kepada mahasiswa yang mengalami permasalahan dalam ujian.

Setelah mengikuti Klinik Ujian, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam mengerjakan soal ujian, baik yang dilakukan secara tatap muka, online, maupun dengan metode lainnya.

Untuk tahap pertama, kegiatan Workshop Tugas dan Klinik Ujian UT Kendari dilaksanakan secara daring/online untuk mahasiswa domisili di Kota Kendari dan Kabupaten Kolaka, serta secara tatap muka di Kabupaten Konawe Selatan, dan Kabupaten Konawe Utara.

Baca Juga: Orientasi Mahasiswa Baru UT Kendari Buat Rancangan Jadwal Pembelajaran

Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu (14/10/2023).

"Saya sangat berterima kasih karena kegiatan ini dapat membantu saya dalam melaksanakan ujian ke depan dan saya juga mengetahui bagaimana cara kita menjalankan kuliah di UT," kata Anisa Juariah, mahasiswa PGSD.

Workshop Tugas dan Klinik Ujian UT Kendari dihadiri oleh 314 mahasiswa domisili Kota Kendari, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe utara dan Konawe Selatan yang antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan ini.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa UT Kendari dapat lebih siap menghadapi tantangan akademik di masa depan.

Dilansir daridari Ut.ac.id, UT sebagai perguruan tinggi yang menerapkan pembelajaran jarak jauh, menggunakan sistem belajar mandiri terbimbing bagi seluruh mahasiswanya. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi).

Adapun sistem belajar mandiri terbimbing merupakan pendekatan inovatif dalam pendidikan yang ditawarkan oleh Universitas Terbuka. Dalam sistem ini, mahasiswa akan memiliki akses ke berbagai sumber daya pendidikan, termasuk materi pembelajaran online, buku teks digital, video pembelajaran, dan lainnya.

Mahasiswa memiliki fleksibilitas untuk belajar sesuai dengan ritme dan gaya belajar mereka sendiri, sambil tetap memperoleh bimbingan yang terarah dari tutor atau dosen. Tutor atau dosen akan memberikan panduan, memberikan penjelasan tambahan, dan menjawab pertanyaan yang mungkin timbul selama proses belajar.

Interaksi ini dapat berlangsung melalui berbagai saluran, termasuk layanan bantuan belajar yang disediakan oleh UT, pertemuan daring, atau komunikasi langsung melalui pesan. Hal ini menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal dan nyaman, memungkinkan mahasiswa untuk meraih pencapaian akademik dengan lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: Orientasi Mahasiswa Baru UT Kendari, Perkenalkan Sistem Belajar Jarak Jauh

Selain itu, sistem ini juga menawarkan beragam alat asesmen untuk mengukur pemahaman dan kemajuan mahasiswa, seperti Tugas Mata Kuliah, Ujian Online, Take Home Exam, dan sebagainya. UT seperti halnya perguruan tinggi yang lain, juga menerapkan sistem kredit semester (SKS) untuk menetapkan beban studi mahasiswa.

Dalam sistem ini, beban studi yang harus diselesaikan dalam satu program studi diukur dengan satuan kredit semester (SKS). Setiap mata kuliah diberi bobot 1-6 SKS. Satu semester adalah satuan waktu kegiatan belajar selama 16 minggu. Di UT, satu SKS disetarakan dengan tiga modul bahan ajar cetak.

Satu modul terdiri atas 40-50 halaman, sehingga bahan ajar dengan bobot 3 SKS berkisar antara 360-450 halaman, bergantung pada jenis mata kuliahnya. Dengan sistem belajar seperti ini, mahasiswa UT diharapkan mengalokasikan waktu belajar sesuai dengan beban SKS yang diambil atau mengambil beban SKS setiap semester sesuai dengan waktu belajar yang dapat dialokasikan, serta mempertimbangkan kemampuan akademik masing-masing.

Idealnya, alokasi waktu yang harus disediakan oleh mahasiswa UT apabila mengambil satu SKS adalah 32 jam per semester, sehingga setidaknya harus belajar secara mandiri selama dua jam per minggu per SKS. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga