Wow! Jualan Obat Saat Pandemi COVID-19, Pria Ini Jadi Orang Terkaya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 03 Juni 2021
0 dilihat
Wow! Jualan Obat Saat Pandemi COVID-19, Pria Ini Jadi Orang Terkaya
Seo Jung-jin adalah Co-Founder dari Celltrion. Foto: Repro koreaherald.com

" Namanya masuk daftar terkaya itu dimulai pada tahun lalu, Celltrion sukses besar mengembangkan obat antibodi COVID-19 "

SEOUL, TELISIK.ID - Siapa sangka, usaha obat-obatan ternyata tidak hanya menjadi penghasilan uang semata, tetapi juga mampu membawa pria asal Korea Selatan (Korsel), Seo Jung-jin, menjadi orang terkaya di negerinya.

Dilansir dari okezone.com, Seo Jung-jin adalah Co-Founder dari Celltrion, perusahaan dengan fokus utama pada produksi obat-obatan biosimilar atau obat setara obat generik.

Dia mencetak sejarah untuk pertama kalinya sebagai orang terkaya Korsel yang kaya raya berkat kerja kerasnya sendiri dan bukan dari warisan.

Dirinya sukses meraih peringkat teratas tahun ini, dengan kekayaan bersih mencapai USD12,5 miliar atau Rp 178,7 triliun.

Sejak mulai diterbitkannya daftar orang terkaya pertama kali pada tahun 2005, posisi Nomor 1 biasanya selalu ditempati bergilir oleh bos-bos konglomerat dari perusahaan ternama, yakni Samsung ataupun Hyundai. Mereka adalah generasi kedua yang mewarisi kekayaan pendahulunya.

Baca Juga: Luncurkan Yoursay.id, Arkadia Digital Media Gaet 10.000 Kreator Konten

Dilansir dari Forbes, Jakarta, Kamis (3/6/2021), Seo mulai membangun perusahaannya pada tahun 2002 setelah kantor tempatnya bekerja sebelumnya yaitu Daewoo Motor, menyatakan dirinya bangkrut.

Seo diketahui mulai masuk jajaran orang kaya di tahun 2012. Kekayaannya terus berlipat-lipat hingga 10% di tahun ini. Ini berkat kesuksesan penjualan produk obat-obatan kategori biosimilar atau setara generik.

Namanya masuk daftar terkaya itu dimulai pada tahun lalu, Celltrion sukses besar mengembangkan obat antibodi COVID-19. Izin obat ini akhirnya disetujui di Korea Selatan pada bulan Februari, namun produksi terus berjalan sambil menunggu hasil uji klinis fase tiga.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini untuk Bahagiakan Orang Tua

Pendapatan dari flagtrion Inc seketika meroket 64 persen menjadi USD1,6 miliar, sementara laba bersih melonjak 74 persen menjadi USD440 juta pada tahun 2020 lalu.

Seo juga meraih pencapaian spektakuler lainnya di tahun ini, yaitu mengambil pensiun dini dari seluruh grup Celltrion di bulan Maret lalu.

Sementara anak tertuanya, Jin-seok, 36 tahun, sekarang menempati posisi di Celltrion Inc. dan Celltrion Pharm. Lalu putra keduanya Joon-serk, 34 tahun, menempati posisi bidang marketing, dalam unit perawatan kesehatan di Celltrion. (C)

Reporter: Fitrah Nugrah

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga