Wujudkan Kendari Kota Digital, Pemkot Terus Dorong Penggunaan QRIS

Sasmiraza, telisik indonesia
Kamis, 01 September 2022
0 dilihat
Wujudkan Kendari Kota Digital, Pemkot Terus Dorong Penggunaan QRIS
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir bersama Pejuang QRIS Kendari terus berkolaborasi guna mendorong transaksi non tunai dengan menggunakan QRIS. Foto: Ist.

" Sulkarnain Kadir mengungkapkan, pihaknya siap mendukung percepatan penggunaan transaksi non tunai khususnya di Kota Kendari, karena dengan adanya QRIS transaksi bisa lebih mudah "

KENDARI, TELISIK.ID - Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Pemerintah Kota Kendari terus mendorong transaksi non tunai dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan, pihaknya siap mendukung percepatan penggunaan transaksi non tunai khususnya di Kota Kendari, karena dengan adanya QRIS transaksi bisa lebih mudah.

"Digitalisasi tak bisa dihindarkan. Apalagi yang ingin usahanya lebih maju," ujarnya, Rabu (31/8/2022).

Sulkarnain menambahkan, penggunaan QRIS harus terus disosialisasikan ke masyarakat, sehingga dapat mewujudkan Kendari sebagai kota digital.

Baca Juga: Usaha Pariwisata Bisa Jadi Percontohan Pelaksanaan Sadar Lingkungan

Penerapan ekosistem keuangan digital ini merupakan salah satu langkah antisipasi penyalahgunaan anggaran, khususnya di birokrasi, karena ada keterbukaan atau transparansi penggunaan anggaran.

"Kalau kita mau antisipasi terjadinya korupsi, yah transaksi digital ini salah satunya, karena transparan penggunaan anggarannya, sudah dengan pengawasannya," lanjutnya.

Baca Juga: Jelang Muswil KAHMI Sultra, Panitia Ziarah Makam La Ode Kaimuddin

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sultra, Doni Septadijaya mengatakan, pihaknya akan melakukan pendampingan dan sosialisasi penggunaan QRIS kepada pelaku usaha, sekolah dan Dewan Masjid Indonesia di Kendari.

Karena menurutnya, transaksi digital melalui QRIS memberikan banyak manfaat untuk masyarakat.

"Dengan menggunakan QRIS, semuanya lebih mudah dan aman. Tidak perlu lagi menyiapkan uang kembalian dan lainnya," pungkasnya. (B-Adv)

Penulis: Sasmiraza

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga