Wujudkan Program Kota Padi, Pj Bupati Konawe Serahkan 34 Unit Alsintan untuk Kelompok Tani

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 19 Februari 2024
0 dilihat
Wujudkan Program Kota Padi, Pj Bupati Konawe Serahkan 34 Unit Alsintan untuk Kelompok Tani
Pj Bupati Konawe Harmin Ramba saat menyerahkan bantuan Alsintan secara simbolis kepada kelompok tani. Foto: Ist.

" Dalam mewujudkan Konawe sebagai Kota Padi, Penjabat (Pj) Bupati Konawe menyerahkan 34 unit bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani secara simbolis di halaman kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) "

KONAWE, TELISIK.ID - Dalam mewujudkan Konawe sebagai Kota Padi, Penjabat (Pj) Bupati Konawe menyerahkan 34 unit bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani secara simbolis di halaman kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP), Senin (19/2/2024).

Bantuan yang diserahkan oleh Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba berupa 24 unit Hand Traktor roda dua, 5 unit Combine atau mesin pemotong padi dan 5 unit hand traktor roda empat (Jonder).

Dalam penyerahan bantuan tersebut, Harmin Ramba didampingi Kadis TPHP H. Gunawan Samad, Perwira Penghubung Kodim 1417 Kendari, Letkol Inf. Azwar Dinata, serta Asisten II Setda Konawe Muh. Akbar.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Optimalkan Sinkronisasi Data Angka

Pada kesempatan itu, Harmin Ramba mengatakan bantuan ini diberikan kepada petani sebagai wujud komitmen pemerintah dalam mendorong peningkatan produksi pertanian, khususnya produksi padi di Kabupaten Konawe.

Pj Bupati Konawe Harmin Ramba bersama OPD saat menyerahkan bantuan Alsintan. Foto: Ist.

 

"Bantuan Alsintan ini akan kita serahkan secara transparan dan digunakan untuk kepentingan masyarakat," kata Harmin Ramba.

Kepada kelompok tani penerima manfaat, Harmin Ramba berpesan agar batuan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat. Sehingga petani Konawe kedepan bisa lebih sejahtera lagi.

"Apalagi hubungannya dengan konsep pembangunan saya, konsep Kota Padi. Konawe atau Unaaha merupakan sentra atau pusat pertumbuhan satu yang mana sektor andalan kita adalah padi," ungkap Harmin Ramba.

Untuk menuju ke Kota Padi, Harmin Ramba akan mendorong hilirisasi pertanian dalam arti luas. Salah satu faktor pendukungnya adalah penyediaan infrastruktur dan peralatan pertanian yang bisa digunakan pada lahan kering maupun lahan basah. Sehingga produksi padi dan tanaman hortikultura lainnya bisa meningkat.

Pj Bupati Konawe Harmin Ramba bersama OPD saat menyerahkan bantuan Alsintan. Foto: Ist.

 

Lebih lanjut, Harmin Ramba mengucapkan terima kasih kepada Perwira Penghubung Kodim 1417 Kendari Letkol Inf. Azwar Dinata karena selama ini membantu pemerintah daerah Kabupaten Konawe.

"Terima kasih bapak Perwira Penghubung telah hadir. Kenapa saya undang beliau? Karena beliau lah yang pertama mempertemukan saya dengan Mentan RI. Pabung yang memberi manfaat untuk masyarakat," pungkas Harmin Ramba.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Republik Indonesia, Andi Amran Sulaiman saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di Desa Waworoda Jaya Kecamatan Tongauna Utara Kabupaten Konawe, pada Kamis 11 Januari 2024 lalu, menjanjikan bantuan alsintan kepada petani Konawe.

Janji Mentan Amran Sulaiman kini telah direalisasikan. Bantuan ini turun berkat komunikasi yang dibangun oleh Pj Bupati Konawe Harmin Ramba.

Pj Bupati Konawe Harmin Ramba bersama jajaran saat menyerahkan bantuan Alsintan secara simbolis kepada kelompok tani. Foto: Ist.

 

Pj Bupati Konawe berhasil meyakinkan Mentan RI sehingga bantuan tersebut diberikan dalam mendukung program Bupati Konawe untuk menjadikan daerah lumbung beras Sulawesi Tenggara ini menjadi Kota Padi.

Selain bantuan Alsintan, Mentan RI Amran Sulaiman Kementerian Pertanian RI melalu Direktorat Jenderal (Ditjen) Tanaman Pangan juga menyerahkan bantuan benih Padi dan Jagung senilai Rp 1,53 Miliar.

Baca Juga: Partai Nasdem Dominasi Perolehan Suara Real Count KPU di Kolaka Timur

Andi Amran Sulaiman mengatakan, bantuan yang diberikan tersebut sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam mendorong kesejahteraan petani.

"Sebagai lumbung padi Sulawesi Tenggara, Konawe kedepan diharapkan bisa menopang provinsi lain. Sehingga dukungan bantuan berupa benih, pupuk dan alsintan kita turunkan di Kabupaten Konawe," kata Mentan Amran Sulaiman.

Menurut Mentan, bantuan itu diturunkan setelah Pj Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba berkunjung ke kantor Kementerian Pertanian beberapa waktu lalu. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga