Wujudkan Program MBKM, UHO Kendari dan Unmus Merauke Teken MoU

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Senin, 21 Maret 2022
0 dilihat
Wujudkan Program MBKM, UHO Kendari dan Unmus Merauke Teken MoU
Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), antara Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dan Universitas Musamus (Unmus) Merauke. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Dengan MoU tersebut semua hal dapat dikerjakan untuk mewujudkan MBKM, baik dari segi pendidikan, pengajaran, penelitian maupun pengabdian "

KENDARI, TELISIK.ID – Wujudkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Musamus (Unmus) Merauke, Senin (21/3/2022).

Rektor UHO Kendari, Prof Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, dengan MoU tersebut semua hal dapat dikerjakan untuk mewujudkan MBKM, baik dari segi pendidikan, pengajaran, penelitian maupun pengabdian.

"Kemudian ditambah lagi sumber daya manusia. Mungkin saja yang S1 dari sana bisa ke sini dan kemudian yang mau lanjut S2 dan S3 bisa di sini," ucapnya.

Lanjut kata Zamrun, tidak menutup kemungkinan, ke depan pihaknya dapat melakukan penelitian, publikasi dan seminar bersama.

"Makannya dengan adanya MoU ini semuanya bisa kita lakukan lingkup tridarma dan hal-hal lainnya yang disepakati oleh kedua belah pihak," katanya.

Baca Juga: FHIL UHO dan FAPERTAHUT UNSULBAR Teken PKS Tridharma Perguruan Tinggi

Senada, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Kerja sama dan Alumni Unmus Merauke, Yosihe Mekiuw menyampaikan, terdapat tiga poin penting yang menjadi topik dari MoU ini yakni tridarma, penelitian, pengajaran, dan pengabdian.

"Kalau pengajaran itu berkaitan dengan MBKM, kemudian pertukaran mahasiswa maupun pertukaran dosen," ungkapnya.

Baca Juga: UHO Kendari Perpanjang Penerimaan Program Mahasiswa Wirausaha

Dengan penelitian dan pengabdian tersebut pihaknya berharap adanya kolaborasi bersama antara Unmus dan UHO yang berkaitan dengan pengembangan jurnal.

"Jadi dari kolaborasi penelitian sampai dengan kolaborasi jurnal maupun dengan pertukaran jurnal," sebutnya.

"Sedangkan pengembangan SDM adalah berkaitan dengan studi lanjut, ada dosen kami yang mau studi disini, artinya kerjasama ini bisa diterima oleh UHO," tambahnya. (B-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Baca Juga