Wujudkan PTN Berkualitas, UHO Kendari Canangkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

Siti Nabila, telisik indonesia
Selasa, 16 Juli 2024
0 dilihat
Wujudkan PTN Berkualitas, UHO Kendari Canangkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi
Rektor UHO Kendari, Prof Muhammad Zamrun Firihu dalam pertemuan nasional SPI-PTN di UHO Kendari . Foto: Nabila/Telisik

" Peran pengawasan internal untuk menguatkan tata kelola perguruan tinggi yang berkualitas dan berakuntabilitas, UHO komitmen bersama Satuan Pengawas Intern (SPI) Perguruan Tinggi Negeri "

KENDARI, TELISIK.ID - Peran pengawasan internal untuk menguatkan tata kelola perguruan tinggi yang berkualitas dan berakuntabilitas, UHO komitmen bersama Satuan Pengawas Intern (SPI) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2024, bertempat di Auditorium Mokodompit UHO Kendari, sejak Senin (15/7/2024).

Rektor UHO Kendari, Prof Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, pencanangan zona integritas WBK ini merupakan bagian dari komitmen UHO untuk mewujudkan tata kelola universitas yang bersih dan akuntabel.

Karena kata dia, zona integritas merupakan program pemerintah yang harus dijalankan dan harus dilaksanakan untuk mengawal reformasi dan birokrasi bisa berjalan dengan baik, khususnya terkait pelayanan pendidikan.

“Kita harapkan dengan dicanangkannya program zona integritas ini, layanan di bidang pendidikan bisa maksimal dan bisa meningkatkan kualitas lulusan, pegawai dan dosen, serta layanan di UHO,” ujarnya.

Sementara itu, Irjen Kemendikbudristek RI, Dr Chatarina Muliana mengatakan, zona integritas bertujuan untuk membangun atau meningkatkan tata kelola perguruan tinggi dalam membentuk tranparansi.

Baca Juga: 5 Ribu Lebih Peserta Terdaftar Jalur UTBK Mandiri UHO Kendari

Sehingga nantinya mekanisme-mekanisme dalam proses pembelajaran bisa lebih akuntabel dan transparan dalam menciptakan lulusan-lulusannya.

Selain itu, zona integritas ini merupakan bagian dari reformasi birokrasi sehingga setiap pelayanan menjadi cepat dan tepat, dan juga bebas dari hal-hal yang bersifat dari perbuatan-perbuatan korupsi.

“Pencanangan ini sebagai komitmen awal bahwa 12 fakultas dan pascasarjana di UHO ini akan menyelenggarakan bangunan zona integritas,” pungkasnya.

Baca Juga: Ciptakan Mahasiswa Unggul dan Berdaya Saing, FHIL UHO Kendari Lakukan Ini

Adapun 12 fakultas yang mencanangkan zona integritas WBK adalah Fakultas Keguruan dan Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Hukum (FH).

Selanjutnya, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Peternakan (FPt), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL), Fakultas Kedokteran (FH) dan Fakultas Farmasi (FF) Pascasarjana.

Sementara, dua fakultas lainnya yakni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Fakultas Pertanian sudah berzona integritas WBK. (B)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga