YouTube Down, Awali Jumat Pagi Warganet

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 15 Mei 2020
0 dilihat
YouTube Down, Awali Jumat Pagi Warganet
Layanan berbagi video milik Google, yakni YouTube, mengalami masalah dan tumbang alias down di berbagai wilayah di dunia. Foto: Repro tribunnews.com

" Lagi enak2 youtube-an tiba2 server down, pas di cek eh bener ternyata. Ga sia-sia cek Twitter #YouTubeDOWN. "

KENDARI, TELISIK.ID - Layanan berbagi video milik Google, yakni YouTube, mengalami masalah dan tumbang alias down di berbagai wilayah di dunia.

Dilansir Liputan6.com, sebagaimana yang diketahui dari situs pendeteksi laman web tumbang, Downdetector, laporan tentang tumbangnya YouTube mulai meningkat pada Rabu (15/5/2020) pukul 6.18 WIB pagi.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, sudah ada lebih dari 157.877 laporan, dengan 65 persen mengeluh tidak bisa menonton video.

Sementara, 32 persen pengguna tidak dapat masuk ke situs YouTube, dan 1 persen bermasalah untuk login.

Dari peta live outage milik Downdetector, beberapa wilayah yang terdampak YouTube down adalah Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan Jepang.

Baca juga: Dewan Apresiasi Kinerja Tim Gugus Tugas COVID-19 Busel

Selain itu, YouTube down juga dialami beberapa negara di Asia, seperti Malaysia, Thailand, Myanmar dan Singapura. Di Indonesia, YouTube masih dapat diakses dengan baik tanpa masalah, hanya memang di awal pagi juga beberapa warganet tak bisa mengaksesnya.

Saat ini, ada yang melaporkan layanan YouTube mulai pulih. Sedangkan penyebab downnya belum dapat dipastikan.

Tumbangnya layanan video google ini bahkan jadi trending topik peringkat atas di twitter Indonesia dengan tagar #YouTubeDOWN. Hingga pukul 6.45 WIB tadi sudah ada 20 ribu kicauan tagar #YouTubeDOWN.

"Lagi enak2 youtube-an tiba2 server down, pas di cek eh bener ternyata. Ga sia-sia cek Twitter #YouTubeDOWN," tulis akun @_iamrobs milik Roby Novriyanto.

Baca juga: Lurah Talia Bantah Dugaan Main Data Bantuan Warga, Begini Penjelasannya

"Sampe uninstall yt vanced karena ga konek2 ke yt. Taunya emang dari youtubenya yang error -_-#youtubedown," kata @aapamungkas24 akun milik Initial D.

Masih banyak keluhan warganet soal tumbangnya youtube ini, seperti juga yang ditulis Aftah Amarroky dalam akunnya @aftahamrr.

"Lagi mood bgt nonton video eh #youtubedown kan kalo ke twitter nonton videonya yg kaga kaga ntar ni WKWKWKWK," tulisnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga