adplus-dvertising

Yuk, Jaga Kesehatan Otot Jantung dengan Cara Ini

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 26 Desember 2021
489 dilihat
Yuk, Jaga Kesehatan Otot Jantung dengan Cara Ini
Ilustrasi serangan jantung. Foto: Repro Freepik

" Jantung menjadi organ penting dalam tubuh manusia. Maka kesehatannya menjadi perhatian serius untuk dijaga, salah satunya menjaga otot jantung "

KENDARI, TELISIK.ID - Jantung menjadi organ penting dalam tubuh manusia. Maka kesehatannya menjadi perhatian serius untuk dijaga, salah satunya menjaga otot jantung.

Mengutip primayahospital.com, otot jantung adalah penyusun dinding jantung dan berfungsi sebagai pompa darah yang menuju ke jantung dan sebaliknya. Hal ini mengakibatkan adanya sirkulasi darah di dalam tubuh manusia.

Seperti organ tubuh lainnya, jantung juga kerap diserang berbagai penyakit, salah satunya penyakit kardiomiopati.


Dalam beberapa kasus, penyakit kardiomiopati tidak dapat dicegah, terlebih jika muncul akibat kelainan genetik. Akan tetapi, masih bisa mengurangi kemungkinan munculnya gejala kardiomiopati dan jenis penyakit jantung lainnya dengan menerapkan pola hidup sehat.

Melansir alodokter.com, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan otot jantung agar tidak mudah diserang penyakit:

Baca Juga: Anda Demam? Yuk, Kenali Beragam Obat Penurun Suhu Tubuh

1. Membatasi konsumsi minuman berkafein dan beralkohol.

2. Berolahraga secara teratur.

3. Istirahat yang cukup.

4. Menjaga berat badan ideal. Jika memiliki riwayat obesitas, disarankan untuk mengatur pola makan dan menurunkan berat badan.

Baca Juga: Catat, 2 Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Jadi Obat Demam

5. Menghentikan kebiasaan merokok.

6. Menerapkan pola makan sehat secara teratur dengan mengurangi makanan yang terlalu manis, tinggi garam, dan tinggi kolesterol.

7. Mengelola stres dengan baik.

8. Memeriksakan diri ke dokter secara rutin, terlebih jika memiliki riwayat penyakit yang bisa menjadi pemicu munculnya kardiomiopati, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.

Dengan mulai menerapkan pola hidup sehat, besar kemungkinan Anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit otot jantung maupun masalah jantung lainnya. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga