Yuk, Kenali 7 Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan Mental

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 04 Juni 2022
0 dilihat
Yuk, Kenali 7 Manfaat Tersenyum Bagi Kesehatan Mental
Ilustrasi menebarkan senyuman untuk berbagi kebahagiaan. Foto: Repro terasjakarta.id

" Salah satu ciri orang yang mudah bergaul adalah suka tersenyum. Dengan senyuman secara tidak langsung ada aura positif yang dipancarkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu ciri orang yang mudah bergaul adalah suka tersenyum. Dengan senyuman secara tidak langsung ada aura positif yang dipancarkan.

Dikutip dari wikipedia, senyum dalam fisiologi adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau timbulnya suatu gerakan di bibir atau kedua ujungnya, atau pula di sekitar mata.

Kebanyakan orang senyum untuk menampilkan kebahagiaan dan rasa senang.

Melansir yoursay.id dari tulisan yang berjudul Apa Kata Sains Tentang Tersenyum dan Tertawa? serta The Psychological Benefits of Smiling, berikut ini adalah beberapa manfaat tersenyum bagi kesehatan mental kita.

1. Melepaskan hormon endorfin

Ketika kita tersenyum, otak kita akan melepaskan salah satu hormon yang merangsang perasaan bahagia yaitu hormon endorfin.

Jadi, ketika kita tersenyum, tubuh kita sendiri secara otomatis akan menanggapinya dengan perasaan bahagia.

2. Meringankan stress

Senyuman juga dapat menurunkan hormon kortisol, sehingga dapat menurunkan kadar stress pada seseorang.

Orang yang selalu murung dan susah tersenyum biasanya lebih berpotensi terserang stress karena mereka membiarkan hormon kortisol terlalu banyak di dalam tubuh mereka.

3. Meningkatkan sistem imun

Salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun adalah dengan sering tersenyum! Bagaimana bisa? Ketika kita tersenyum, perasaan dan tubuh kita akan merasa rileks.

Dengan demikian, sistem imun yang ada di tubuh kita akan bekerja dengan baik.

4. Meningkatkan konsentrasi

Saat dihadapkan pada situasi yang menegangkan dan perlu tingkat konsentrasi yang tinggi, sebuah senyuman dapat membuat kita merasa rileks dan mampu menenangkan pikiran kita.

Baca Juga: Asam Lambung Naik? Simak 6 Langkah Pertolongan Pertama

Pikiran yang tenang akan membuat tingkat fokus kita bertambah dan kita bisa mengerjakan pekerjaan tersebut dengan baik.

5. Membahagiakan orang lain

Senyuman itu menular! Senyum selalu identik dengan kebahagiaan. Ketika pertama kali bertemu dengan orang yang tidak kita kenal, jika kita tersenyum kepada mereka, tanpa sadar tembok yang terbentang di antara kita dan orang tersebut perlahan akan mencair dan tanpa sadar kita sudah menularkan kebahagiaan.

6. Membuat mood menjadi lebih baik

Ketika sedang terpuruk dan dalam kondisi mood yang buruk, tersenyum dapat membuat kita merasa lebih baik. Kita bisa menonton acara kesukaan kita, menonton idola kita, dan berbagai kegiatan lainnya yang dapat membuat kita tersenyum agar mood kita bisa kembali menjadi baik.

7. Memberi aura positif pada diri sendiri

Orang yang sering dan senang tersenyum akan memancarkan aura yang positif bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Sama seperti matahari yang menyebarkan sinarnya, senyuman juga memiliki dampak seperti itu.

Baca Juga: 10 Tanda Penyakit Ginjal, Segera Cek

Kita akan menjadi lebih bahagia dan mampu membuat lingkungan menghangat hanya dengan tersenyum. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga