Yuk, Kenali Istri-Istri Rasulullah SAW

Haidir Muhari, telisik indonesia
Minggu, 30 Mei 2021
0 dilihat
Yuk, Kenali Istri-Istri Rasulullah SAW
Seorang perempuan muslimah. Foto: Repro google.com

" Tidak semua perempuan menjadi istri Nabi. Dalam sirah dikisahkan bahwa Nabi Muhammad SAW memiliki 13 orang istri. Ada yang berpendapat bahwa jumlahnya 11 orang. "

TERNATE, TELISIK.ID - Rasulullah SAW dari aspek basyariah sama seperti manusia umumnya, menikah dan memiliki keturunan.

Tidak semua perempuan menjadi istri Nabi. Dalam sirah dikisahkan bahwa Nabi Muhammad SAW memiliki 13 orang istri. Ada yang berpendapat bahwa jumlahnya 11 orang.

Dilansir dari Detik.com, Abdul Hasan 'Ali al-Hasani an-Nadwi dalam Sirah Nabawiyah menyebut, tak ada perbedaan pendapat bahwa saat Nabi SAW wafat meninggalkan 9 orang istri.

Dilansir dari Islami.co, dalam karya Abdul Hasan 'Ali al-Hasani an-Nadwi yang berjudul Jalaul Afham fi Syarh Aqidatil Awam, berikut istri-istri Rasulullah SAW:

1. Khadijah binti Khuwailid

Khadijah adalah istri pertama Rasulullah SAW. Ia merupakan satu-satunya istri yang tidak pernah dimadu oleh Rasul hingga Khadijah wafat.

Khadijah adalah satu dari dua Istri Rasulullah SAW yang ditakdirkan melahirkan anak. Dari Khadijah Rasulullah SAW memiliki anak, Qasim, Abdullah, Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, dan Fatimah.

Khadijah adalah istri yang paling dicintai Rasulullah SAW. Setia menemani Nabi sebelum menjadi Nabi hingga di akhir hayatnya. Khadijah wafat lebih dulu sebelum Rasul.

2. Zainab binti Khuzaimah

Zainab dijuluki Ummu Masakin karena kasih sayangnya terhadap para fakir miskin. Kebersamaannya bersama Rasul tidak cukup lama. Ia bersama Rasul dalam rumah tangga selama dua hingga tiga bulan sebelum akhirnya wafat.

Baca juga: 7 Perawatan Kecantikan Alami ala Istri Nabi

3. Aisyah binti Abu Bakar

Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW  menikahi Aisyah di Makkah pada saat ia berumur tujuh tahun. Aisyah merupakan istri yang sangat dicintai Rasul SAW setelah Khadijah.

Aisyah adalah putri dari sahabat Nabi dan khalifah pertama, Abu Bakar Ash-Shiddiq. Aisyah wafat pada umur 67 Tahun, tepatnya pada bulan Ramadan 58 Hijriah. Ia dimakamkan di Baqi pada masa pemerintahan khalifah Abdul Marwan bin Hakam.

4. Hafsah binti Umar

Hafsah sendiri dikenal sebagai perempuan yang pandai membaca dan menulis. Ia merupakan  perempuan rajin puasa dan qawwamah yang artinya perempuan rajin salat malam.

Hafsah dinikahi Rasul saat berumur 20 tahun pada saat setelah perang uhud 3 Hijriah. Hafsah adalah putri dari Umar Bin Khattab. Ia meninggal di usia 60 tahun, tepatnya pada tahun 45 Hijriah dan bertepatan dengan masa pemerintahan Marwan bin Hakam.

5. Saudah binti Zam’ah

Saudah adalah istri yang dinikahi Rasulullah setelah wafatnya Khadijah. Saudah dikenal sebagai sosok istri yang penuh tawa canda bagi Nabi Muhammad SAW. Ia wafat pada masa-masa akhir kepemimpinan Umar bin Khattab.

6. Shofiyah binti Khuyay

Shofiyah adalah anak dari pembesar Bani Nadhir, Khuyay bin Akhtab. Ia adalah keturunan dari Nabi Harun bin Imran, saudara Nabi Musa.

Rasulullah SAW menikahi Shofiyah dengan mahar kemerdekaannya. Shofiyah wafat pada bulan Ramadhan tahun 50 Hijriah dan dikuburkan di Baqi pada masa pemerintahan Muawiyah.

7. Maimunah binti al-Kharis

Rasul menikahi Maimunah pada tahun ke 7 Hijriah, pada saat umrah Qadha. Maimunah adalah istri terakhir Rasul dan juga istri Rasul yang wafat terakhir. Ia wafat di Syaraf, salah satu daerah yang dekat dengan Kota Tan’im pada umur 80 tahun.

Baca juga: 14 Amalan yang Mengundang Hadirnya Cinta Allah

8. Ummu Habibah

Ummu Habibah memiliki nama asli Ramlah binti Abi Syufyan bin Harb. Ia telah lama masuk islam dan ikut saat hijrah pertama umat Islam ke Habasyah bersama suaminya. Ia wafat pada tahun 44 Hijriah.

9. Ummu Salamah binti Abi Umayah

Ummu Salamah dikenal sangat cerdas. Ia menikah dengan Rasul pada bulan syawal tahun 4 Hijriah. Pada saat itu umurnya 30 tahun. Ia wafat pada tahun 60 Hijriah, pada masa kekhilafahan Yazid bin Muawiyah.

10. Zainab binti Jahsy

Zainab adalah sepupu Rasul SAW. Rasul menikahinya pada tahun 5 Hijriah. Ia merupakan istri Nabi yang wafat setelah nabi, yakni pada tahun 12 Hijriah pada masa khalifah Umar bin Khatab. Ia dimakamkan di pemakaman Baqi'.

11. Juwairiyah binti al-Haris al-Khuzaiyah

Ia merupakan tawanan Bani Mustaliq dari Khuza’ah. Ia pernah terkena anak panah Tsabit bin Qays bin Syamasy al-Anshari, kemudian Allah menolongnya dengan menjadikannya istri Rasulullah Saw. Pada saat itu ia berumur 20 tahun. Ia meninggal pada 56 Hijriah.

Selain 11 orang di atas, ada juga pendapat ada dua istri Rasulullah SAW yang lain seperti dilansir dari Popmama.com, yaitu

12. Mariah al-Qibtiyah

Sebagai bentuk jawaban dari ajakan Nabi Muhammad SAW untuk memeluk Islam, seorang pemimpin Mesir yaitu Raja Mauqauqis memberikan Mariyah sebagai hadiah untuk ia nikahi.

Mariyah merupakan seorang budak yang diangkat menjadi Ummul Mukminin atau ibu dari kaum mukmin, bahkan ia dikenal sebagai perempuan paling alim dari lainnya. Darinya Rasulullah SAW memiliki seorang putra yang diberi nama Ibrahim.

13. Raihanah binti Zaid Al Quradziyah

Raihanah merupakan seorang budak dari Bani Quraidzah. Tak diketahui pasti mengapa Rasulullah menikahi beliau, namun banyak orang beranggapan bahwa Nabi Muhammad SAW menikahi Raihanah setelah berhasil membebaskannya dari tawanan. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga