Yuk, Kenali Jenis-Jenis Air Putih

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 06 Januari 2022
0 dilihat
Yuk, Kenali Jenis-Jenis Air Putih
Air sangat dibutuhkan tubuh. Foto: Repro hellosehat.com

" Umumnya, setiap orang perlu minum air putih sebanyak 8 gelas air setiap hari atau setara dengan 1,5 liter "

KENDARI, TELISIK.ID - Air menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi setiap hari. Air putih adalah zat cair yang terdiri dari molekul hidrogen dan oksigen sehingga sangat dibutuhkan tubuh.

Mengutip hellosehat.com, tubuh manusia memerlukan air atau cairan yang berguna dalam proses pencernaan, penyerapan zat atau nutrisi makanan untuk energi, sirkulasi darah, transportasi nutrisi, memproduksi cairan atau air ludah, serta mempertahankan suhu tubuh.

Oleh karena itu, kita perlu banyak mengonsumsi air agar tubuh tidak dehidrasi atau kekurangan air, yang bisa menyebabkan tubuh lemas, otot lemah dan kram, tidak fokus, serta meningkatkan risiko kelelahan.

Umumnya, setiap orang perlu minum air putih sebanyak 8 gelas air setiap hari atau setara dengan 1,5 liter.

Melansir alodokter.com, berikut jenis-jenis air minum yang tersedia di pasaran dan perbedaannya:

Baca Juga: Jangan Lupa Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur, Ini Manfaatnya

  1. Air mineral, yaitu air yang didapat dari sumber mata air pegunungan, sehingga kaya akan mineral. Kandungan mineral di dalam air bermanfaat untuk kesehatan, seperti membantu metabolisme tubuh, mendukung fungsi ginjal, dan membantu pembentukan sel dan enzim. Air mineral memiliki pH antara 6 – 8,5.
  2. Air demineral, yaitu air yang hampir tidak mengandung mineral karena sudah berkali-kali melewati proses. Air putih jenis ini biasanya memiliki pH antara 5 – 7,5.
  3. Air alkali, yaitu jenis air yang telah melalui proses ionisasi atau elektrolisis dan biasanya mengandung pH yang lebih tinggi (8,5 – 9,97). (C)

Baca Juga: Mau Awet Muda? Lakukan 5 Cara Ini Agar Terlihat 10 Tahun Lebih Muda

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga