adplus-dvertising

Yuk Ketahui 10 Manfaat Gunakan Jilbab, dari Patuhi Syariat hingga Menjaga Kesehatan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 04 November 2021
1140 dilihat
Yuk Ketahui 10 Manfaat Gunakan Jilbab, dari Patuhi Syariat hingga Menjaga Kesehatan
Memakai jilbab mempunyai banyak manfaat. Hal ini sejalan dengan agama yang mengajarkan kemanfaatan bagi seluruhnya. Foto: Repro @isme_tasnem

" Manfaat menggunakan jilbab perlu diketahui, terutama bagi para Muslimah atau wanita yang memakai jilbab saat beraktivitas sehari-hari. Sebab, menggunakan jilbab tidak hanya perintah agama semata, melainkan banyak manfaat yang diperoleh "

KENDARI, TELISIK.ID - Islam adalah agama yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, termasuk cara yang benar dalam berpakaian.

Umat muslim wajib menutup aurat baik laki-laki maupun perempuan. Bagi perempuan, jilbab merupakan busana syari untuk menutupi seluruh badan kecuali tangan dan wajah.

Mengutip uin-malang.ac.id, jilbab berasal dari kata Jalaba jamak; jalabib yaitu pakaian yang menutup seluruh tubuh, dari kepala sampai mata kaki, atau menutupi sebagian besar tubuh dan dipakai di luar seperti halnya baju hujan.


Manfaat menggunakan jilbab perlu diketahui, terutama bagi para Muslimah atau wanita yang memakai jilbab saat beraktivitas sehari-hari. Sebab, menggunakan jilbab tidak hanya perintah agama semata, melainkan banyak manfaat yang diperoleh.

Mengutip Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut manfaat yang diperoleh ketika seseorang menggunakan jilbab:

1. Mentaati aturan agama Islam

Dari pandangan agama, memakai jilbab merupakan perintah. Karena tidak ada dampak buruk yang ditimbulkan ketika wanita memakai jilbab.

Justru memakai jilbab mempunyai banyak manfaat. Hal ini sejalan dengan agama yang mengajarkan kemanfaatan bagi seluruhnya.

Dasar seorang Muslim diperintahkan memakai jilbab yakni:

"Hai nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuan dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang Mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka mudah dikenal (sebagai wanita Muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS Al-Ahzab ayat 59).

Baca Juga: Bunda Hati-Hati, Ada Bakteri yang Bunuh 150.000 Bayi Setiap Tahun

Baca Juga: Jangan Lewatkan, Ini 5 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh

2. Menjaga kehormatan diri

Sering kali di lingkungan terjadi seorang perempuan marah karena digoda atau dicolek laki-laki. Salah satu penyebabnya adalah pakaian yang dikenakan perempuan itu tidak menutup aurat. Dengan menggunakan jilbab, seorang perempuan menjaga kehormatan diri.

3. Terhindar dari azab yang pedih

Dalam ajaran Islam dikatakan bahwa perempuan wajib memakai jilbab atau mengulurkannya hingga menutupi dada. Jika tidak memakainya maka akan mendapatkan dosa dan azab. Hal ini diterangkan dalam sebuah hadis.

Rasulullah SAW bersabda, “Aku melihat ada perempuan di gantung rambutnya, otaknya mendidih. Perempuan itu adalah perempuan yang mengumbar dan mempertontonkan rambutnya kepada laki-laki selain suaminya. Perempuan ini mukanya akan menghitam dan memakan isi perutnya sendiri”. (HR Bukhari dan Muslim).

4. Jiwa menjadi tenang dan tentram

Ketika seorang perempuan memutuskan memakai jilbab, hal itu merupakan salah satu keunggulan. Jiwa mereka akan lebih tenang dan tentram dibandingkan sebelum memakai jilbab.

5. Melindungi diri dari debu dan kotoran

Saat beraktivitas, seseorang tidak bisa menghindari debu dan kotoran yang bisa mempengaruhi kualitas rambut. Sering keramas saja belum tentu cukup, maka memakai jilbab menjadi salah satu solusinya. Hal ini juga bisa bermanfaat bagi wanita dari berbagai agama.

6. Kecantikan luar dan dalam

Kecantikan seorang perempuan tidak hanya dilihat dari luarnya saja, tapi juga dari dalam diri dan kepribadiannya. Orang biasa menyebutnya dengan inner beauty. Wanita yang mengenakan jilbab berpotensi besar mendapatkan kecantikan luar dan dalam sekaligus.

7. Menutupi kekurangan pada rambut

Manusia tidak bisa lepas dari kekurangan, termasuk fisik yang dimiliki. Jilbab merupakan salah satu fashion yang bisa menutupi kekurangan seseorang pada rambut atau bagian kepala.

8. Melindungi rambut dari sinar matahari langsung

Dalam ilmu kesehatan, sinar terik matahari mempunyai kandungan UV. Kandungan itu bisa menyebabkan rambut kusam, lepek, bau dan kusut. Jika terus dibiarkan bisa menjadi penyebab kerusakan rambut. Sedangkan pada malam hari, jilbab bisa meminimalisir angin dingin. Sehingga suhu tetap hangat.

9. Mencegah penularan kutu rambut

Masalah kutu rambut bukan hal sepele. Hewan kutu ini bisa terbang secara lincah dan rentan menular ke rambut orang lain. Jika sudah bersarang di rambut, kutu sulit dihilangkan dan rasa gatal akan menyerang. Dengan memakai jilbab, penularan tidak akan terjadi karena rambut mereka tertutupi.

10. Mencegah rambut berantakan saat berkendara

Bagi wanita yang sering beraktivitas menggunakan sepeda motor, kamu akan merasakan manfaatnya. Dengan berjilbab rambut kamu akan terkondisikan. Terlebih saat perjalanan cuaca tidak bisa diprediksi, seperti panas, berangin, hujan dan lain-lain. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga