Yuk, Lakukan 5 Cara Ini untuk Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 21 Januari 2022
0 dilihat
Yuk, Lakukan 5 Cara Ini untuk Tingkatkan Rasa Percaya Diri
Ilustrasi percaya diri. Foto: Repro hellosehat.com

" Kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan dalam jiwa manusia bahwa tantangan hidup apapun harus dihadapi dengan berbuat sesuatu "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu faktor yang membuat seseorang bisa meraih sukses dalam hidupnya adalah percaya diri.

Mengutip iainkediri.ac.id, kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan dalam jiwa manusia bahwa tantangan hidup apapun harus dihadapi dengan berbuat sesuatu.

Kepercayaan diri itu lahir dari kesadaran bahwa jika memutuskan untuk melakukan sesuatu, sesuatu itu pula yang harus dilakukan.

Dengan percaya terhadap diri sendiri, seseorang bisa menyalurkan potensi-potensi yang ada dalam dirinya. Sebaliknya, jika seseorang tak percaya diri maka itu akan mengganggu kesehatan mental.

Dikutip dari yoursay.com, berikut ini adalah lima cara untuk meningkatkan rasa percaya diri:

1. Bergaul dengan Orang-Orang yang Positif

Jika kamu memiliki teman yang suka menjatuhkan kamu, berbicara negatif tentang kamu, atau sering pamer dan membuat kamu merasa kecil, mulai saat ini batasi pergaulan dengannya.

Lebih baik jalin hubungan dengan orang-orang yang bisa menghargai kamu.

Bergaul dengan orang-orang yang positif dan suportif dapat membuat kamu termotivasi menjadi orang yang lebih baik, sehingga kamu dapat berkembang menjadi orang yang percaya diri.

2. Bangun Pola Pikir Positif

Cara meningkatkan rasa percaya diri yang pertama adalah berpikir positif. Jika kamu sebelumnya selalu merasa tidak bisa menjalani sesuatu, mulai sekarang cobalah untuk membentuk pola pikir positif dan memiliki pola pikir yang berkembang dalam diri kamu.

3. Jangan Membandingkan Diri Kamu Sendiri dengan Orang  Lain

Berhenti membandingkan diri kamu sendiri dengan orang lain, baik itu soal penampilan, prestasi, maupun pencapaian yang telah diraih. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki jalannya sendiri dan hidup bukanlah sebuah perlombaan.

Jika timbul rasa iri akan kehidupan orang lain, ingatlah tentang apa yang telah kamu miliki dan gapai dengan usaha dan kondisi kamu. Karena hal tersebut akan meningkatkan rasa percaya diri kamu.

4. Lakukan Hal yang Kamu Sukai

Cara untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan menghabiskan waktu luang dengan kegiatan-kegiatan yang kamu sukai. Jika memungkinkan, cobalah untuk mempelajari keterampilan baru atau geluti hobi baru yang sebelumnya belum pernah kamu coba.

Baca Juga: 6 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah, Kenali Risikonya

Dengan begitu, kamu bisa fokus pada hal yang positif daripada kekurangan kamu. Secara otomatis, kamu akan merasa lebih percaya diri.

5. Kenali Kekurangan dan Kelebihan Kamu

Tanamkan dalam diri kamu bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jika kamu melakukan kesalahan atau memiliki kekurangan, jangan menanggap itu sebuah kebodohan. Kamu hanya perlu memperbaikinya dan belajar untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut.

Selain itu, fokuslah pada kelebihan yang kamu miliki dan kembangkan kemampuan tersebut, sehingga kamu bisa merasa memiliki ruang untuk berkembang.

Baca Juga: Yuk, Kenali Karakter Orang Lewat Warna Pakaiannya

Ketika berhasil memperoleh sesuatu, hargai dan pujilah diri kamu sendiri atas usaha dan keberhasilan yang telah kamu capai. Bersyukur dapat meningkatkan rasa percaya diri. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga