adplus-dvertising

Yuk, Lakukan 7 Kebiasaan Ini untuk Mencegah Wasir

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 26 September 2021
493 dilihat
Yuk, Lakukan 7 Kebiasaan Ini untuk Mencegah Wasir
Pada kasus yang parah, wasir dapat menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa, terutama saat buang air besar Foto: Repro alodokter.com

" Biasanya wasir tidak menimbulkan gejala atau rasa nyeri. Namun, pada kasus yang ringan pun, beberapa tanda dan gejala wasir mungkin dapat dirasakan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Wasir atau hemoroid adalah pembengkakan dan peradangan pembuluh darah vena di rektum atau anus.

Mengutip alodokter.com, pengertian wasir atau hemoroid adalah pembengkakan atau pembesaran dari pembuluh darah di usus besar bagian akhir (rektum), serta dubur atau anus.

Wasir merupakan penyakit yang dapat menyerang segala usia, namun umumnya lebih sering menimbulkan keluhan pada usia 50 tahun atau lebih.


Biasanya wasir tidak menimbulkan gejala atau rasa nyeri. Namun, pada kasus yang ringan pun, beberapa tanda dan gejala wasir mungkin dapat dirasakan.

Sementara itu, pada kasus yang parah, wasir dapat menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa, terutama saat buang air besar. Hal tersebut tentu dapat menghambat aktivitas pengidapnya. 

Sebelum terlanjur mengalami wasir, ada baiknya untuk mengetahui beberapa kebiasaan yang dapat mencegah wasir. Sebab, mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati.

Melansir Halodoc.com, berikut beberapa kebiasaan yang bisa mencegah wasir:

1. Minum banyak air putih.

Hal ini dapat membantu melunakkan feses sehingga kamu tidak perlu terlalu mengejan. Ini karena kebiasaan mengejan saat buang air besar dapat menyebabkan wasir.

Baca juga: Buncit? Lakukan 7 Gerakan Olahraga Ini untuk Mengecilkan Perut

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

2. Perbanyak konsumsi serat.

Banyak makan sayur, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan dapat membantu melancarkan buang air besar.

3. Hindari menunda buang air besar.

Semakin lama feses tidak dikeluarkan, maka penyerapan air oleh usus semakin banyak. Akibatnya feses menjadi lebih keras dan kering. Hal ini “memaksa” kamu untuk mengejan kuat saat buang air besar dan berakibat wasir.

4. Rutin berolahraga.

Hal ini dapat membantu mencegah sembelit, membantu menurunkan tekanan darah, dan membantu menurunkan berat badan.

5. Hindari obat-obatan tertentu.

Hindari obat-obatan yang memiliki efek samping sembelit, contohnya obat-obatan yang mengandung codein.

6. Menghindari duduk terlalu lama.

Kebiasaan ini dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus. 

7. Jaga area anus tetap bersih dan kering.

Terutama setelah buang air kecil dan buang air besar. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga