Yuk Ringankan Tugas Pengangkut Sampah, Begini Caranya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 07 Juni 2021
0 dilihat
Yuk Ringankan Tugas Pengangkut Sampah, Begini Caranya
Membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Warga masyarakat Kota Kendari diharapkan bisa mengambil peran untuk meringankan tugas dari para petugas pengangkut sampah. "

KENDARI, TELISIK.ID - Warga masyarakat Kota Kendari diharapkan bisa mengambil peran untuk meringankan tugas dari para petugas pengangkut sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari, Nismawati mengatakan, menjaga kebersihan kota bukan hanya tugas pemerintah atau petugas kebersihan saja, namun juga seluruh elemen masyarakat.

Salah satu cara yang bisa dilakukan masyarakat dalam menjaga kebersihan kota yakni dengan meringankan pekerjaan dari petugas kebersihan.

"Bantu petugas kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan," katanya, Sabtu (5/6/2021).

Selain itu, kata Nismawati, pihaknya juga mengimbau masyarakat agar membuang sampah sesuai jadwalnya, yakni dari jam 18.00 sampai dengan jam 06.00.

Baca juga: DPRD Sultra: Ore Nikel PT GMS Tumpah di Laut Laonti Adalah Kelalaian

Baca juga: Naik Kapal Cepat Kendari-Raha Cuman Bayar Tiket Rp 50 Ribu, Berlaku Hanya Satu Bulan

"Ini semua dilakukan supaya lingkungan kita terjaga kebersihannya. Dengan begitu, kita sehat jasmani dan rohani untuk meningkatkan produktivitas," imbaunya.

Senada dengan itu, Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan Pengelolaan Limbah B3 DLHK Kendari, Zulkarnaim mengatakan, suatu kota itu dikatakan kumuh jika banyak sampah yang berserakan di jalan, termasuk di sekitar bak sampah atau TPS.

Dengan tertibnya masyarakat membuang sampah di tempat yang disediakan dan sesuai jadwal, maka itu akan membantu para petugas pengangkut sampah dalam menjalankan tugasnya.

Dimana, tambah dia, jadwal membuang sampah ini sudah diatur sesuai dengan Perda No 4 tentang Pengelolaan Sampah, yakni jam 6 sore sampai jam 5 pagi.

"Kalau ini sudah tertib, maka petugas juga tidak setengah mati kerja. Sudah cukup petugas kita kerjanya dua kali dalam sehari. Kalau lingkungan kota bersih, kita juga yang bisa merasakan manfaatnya," pungkasnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga