adplus-dvertising

Yuk Simak 5 Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 06 Maret 2022
695 dilihat
Yuk Simak 5 Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil
Buah sirsak yang kaya manfaat. Foto: Repro bola.com

" Ternyata, buah sirsak tidak hanya memiliki rasa yang segar dan lezat. Buah sirsak juga kaya akan vitamin serta nutrisi lainnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Dari banyaknya buah di sekitar kita, salah satu yang baik untuk ibu hamil adalah buah sirsak.

Mengutip kontan.co.id, buah sirsak merupakan salah satu buah tropis yang cukup banyak disukai masyarakat. Buah sirsak memiliki daging berwarna putih bersih. 

Rasa buah sirsak asam dan manis. Hal ini membuat buah sirsak cocok dijadikan bahan membuat menu minuman. 


Ternyata, buah sirsak tidak hanya memiliki rasa yang segar dan lezat. Buah sirsak juga kaya akan vitamin serta nutrisi lainnya. 

Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan nutrisinya yang cukup melimpah.

Sama seperti buah lainnya, buah sirsak mengandung banyak gizi yang bisa menyehatkan tubuh, antara lain karbohidrat, protein, serat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, folat, kolin, serta vitamin A, B, dan C.

Berkat kandungan gizinya tersebut, buah sirsak boleh dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan, buah berkulit hijau ini bisa memberikan manfaat kesehatan untuk kehamilan.

Melansir alodokter.com, berikut ini adalah beberapa manfaat buah sirsak untuk ibu hamil yang sayang jika dilewatkan:

1. Melawan infeksi

Buah sirsak mengandung sejumlah nutrisi yang baik dan dibutuhkan selama kehamilan. Penelitian menyebutkan, ekstrak buah sirsak mengandung efek antibakteri yang dapat digunakan untuk melawan bakteri penyebab infeksi, termasuk bakteri penyebab radang gusi.

Bumil perlu tahu, kesehatan gigi dan mulut berperan penting selama kehamilan. Bahkan, radang gigi dan gusi berkaitan dengan risiko terjadinya kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Jadi, dengan mengonsumsi buah sirsak dalam jumlah yang wajar secara rutin, diharapkan bisa menjaga kesehatan, termasuk mencegah dan melawan infeksi.

Baca Juga: Begini Cara Minum Kopi untuk Hilangkan Lemak Perut

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Buah sirsak mengandung vitamin C dan kaya akan antioksidan, seperti luteloin, quercetin, dan tangeretin. Antioksidan diketahui dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan sel dan menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis akibat paparan radikal bebas.

Sedangkan, vitamin C mampu menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga bisa mencegah terjadinya penyakit atau infeksi yang dapat membahayakan Bumil dan Si Kecil di kandungan.

3. Mencegah sembelit

Ketika hamil, Bumil mungkin mengeluhkan sulit BAB atau sembelit. Hal ini berkaitan dengan perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Untuk mengatasinya, Bumil disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan dan mengonsumsi buah yang mengandung serat.

Salah satu buah yang mengandung air dan serat adalah sirsak. Dalam 100 gram buah sirsak, setidaknya terkandung lebih dari 80 gram air dan 3 gram serat. Tercukupinya kebutuhan air dan serat akan membantu mengatasi dan mencegah sulit BAB yang Bumil alami.

4. Menstabilkan tekanan darah

Sirsak mengandung kalium. Selama hamil, mual dan muntah yang Bumil alami bisa meningkatkan risiko terjadinya kekurangan kalium. Padahal, kalium penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, bahkan diketahui baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta menstabilkan tekanan darah.

Baca Juga: Ini 4 Cara Cegah dan Kurangi Efek Vaksin Booster

Nah, mengonsumsi sirsak akan membantu memenuhi kebutuhan kalium yang diharapkan juga dapat mengontrol tekanan darah. Tekanan darah yang terlalu tinggi selama hamil bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan aliran darah dari ibu hamil ke janin dan berpotensi menggangu pertumbuhan serta perkembangan janin.

5. Mengatasi kram kaki

Dalam 100 gram buah sirsak terdapat lebih dari 250 miligram kalium. Selain berperan untuk mengendalikan tekanan darah, kalium juga memiliki fungsi penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan otot. Mencukupi kebutuhan kalium juga diketahui bisa membantu mengatasi kram kaki pada ibu hamil.

Kram kaki adalah salah satu keluhan yang cukup sering terjadi pada ibu hamil. Walau bukan hal yang membahayakan, tetapi kram kaki bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan mungkin akan menghambat aktivitas Bumil sehari-hari. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga