adplus-dvertising

Yuk, Simak 5 Tips Memilih Kurma Bagus dan Manis

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 06 April 2022
593 dilihat
Yuk, Simak 5 Tips Memilih Kurma Bagus dan Manis
Buah kurma yang banyak diincar saat berbuka puasa. Foto: Repro iStockphoto

" Tips paling mudah untuk memilih kurma yang baik adalah memperhatikan tampilan fisiknya "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu menu buka puasa yang dianjurkan dan menjadi sunnah adalah memakan buah kurma.

Tidak mengherankan, banyak bermunculan pedagang kurma dadakan selama bulan Ramadan.

Mengutip hellosehat.com, kurma adalah jenis buah yang bisa tumbuh kapan saja sepanjang tahun. Namun umumnya, buah ini sering dipanen pada musim gugur atau awal musim dingin di negara asalnya. Alasannya, karena di musim dingin buah ini berada dalam kondisi paling segar.


Buah yang juga sering disebut sebagai buah nabi ini nyatanya kaya nutrisi menguntungkan. Secara umum, kandungan utama dari buah ini adalah karbohidrat sederhana (terutama gula, seperti sukrosa dan fruktosa). Hampir 70?ri kurma terdiri dari karbohirat.

Nah, kaki ini ada baiknya kamu tahu cara memilih kurma yang tidak hanya manis namun juga segar dan tak menggunakan pemanis buatan.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut 5 tips memilih kurma untuk menu buka puasa maupun sahur:

1. Tampilan Kurma

Tips paling mudah untuk memilih kurma yang baik adalah memperhatikan tampilan fisiknya. Pada kurma kering, umumnya akan terasa sedikit basah karena cairan gulanya yang keluar. Meski begitu, kulit kurma seharusnya tidak terasa lengket atau keras.

Baca Juga: Amankah Makan Gorengan Saat Buka Puasa? Berikut Penjelasannya

Jika kulit kurma mengeras atau lengket, kemungkinan besar kurma tersebut telah ditambah pemanis buatan. Selain itu, hindari untuk memilih kulit kurma yang mengerut karena ini menandakan bahwa kurma telah lama disimpan.

2. Warna

Sebelumnya, perlu kamu ketahui bahwa kurma memiliki beragam warna, mulai dari coklat kehitaman, kuning, hingga merah. Semua warna tersebut sama baiknya.

Hanya saja pilihlah kurma yang memiliki warna rata dengan bagian daging tidak rusak. Jika ditemukan kurma dengan ciri warna tersebut, bisa dipastikan bahwa kondisi kurma masih segar, sehat, dan layak untuk disantap.

3. Dikerubuti Semut

Salah satu cara memilih kurma yang bagus dan manis alami, bukannya menggunakan pemanis buatan adalah melihat apakah ada semut yang mengerubunginya.

Kurma asli justru tidak akan dikerubuti semut karena rasa manis mereka berasal dari dalam sehingga tidak akan memancing semut.

Baca Juga: Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sahur dan Buka Puasa, Ini Akibatnya

4. Ukuran Kurma

Kurma yang baik umumnya berukuran sekitar 7,1 gram atau sebesar setengah ibu jari orang dewasa. Oleh karena itu, kurma tidak boleh dimakan terlalu banyak karena kandungan gulanya pun tinggi.

Saat berbuka, disarankan makan kurma tiga buah saja atau pada jumlah ganjil. Hanya dengan memakan 5 buah kurma, kebutuhan gula 40 gram seharinya sudah pasti terpenuhi.

5. Kemasan Kurma

Jika kamu ingin membeli kurma di pedagang, pastikan kemasannya masih tertutup rapat dan belum melewati batas kedaluarsa. Selain itu, usahakan membeli kurma yang menggunakan kemasan untuk memastikan bahwa kurma tidak terpapar debu atau kotoran. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga