Yusuf Cat Stevens Dapat Hidayah Usai Nyaris Tenggelam

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 12 Mei 2023
0 dilihat
Yusuf Cat Stevens Dapat Hidayah Usai Nyaris Tenggelam
Kisah Bule Asal Jerman Putuskan Mualaf Usai Lihat Muslim SalatMusisi Yusuf Cat Stevens memutuskan untuk masuk Islam usai mendekati kematian. Kisahnya ini ia sampaikan di radio BBC Four Desert Island Discs. Foto: Repro Sindonews.com

" Sepuluh tahun setelah debut, Cat Stevens mengubah namanya menjadi Yusuf Islam setelah menjadi mualaf "

LONDON, TELISIK.ID - Jalan spiritual seseorang berbeda, termasuk apa yang dialami oleh Cat Stevens. Cat Stevens adalah seorang penulis lagu dan pemusik yang berasal Britania Raya.

Pada awal karier musiknya, Stephen Demetre Georgiou mengambil nama Cat Stevens sebagai nama panggungnya. Cat Stevens dikenal lewat karya-karya populernya di dunia musik pop-rock hingga folk sejak debutnya di tahun 1967.

Melansir dari Detik.com, sepuluh tahun setelah debut, Cat Stevens mengubah namanya menjadi Yusuf Islam setelah menjadi mualaf. Ketertarikan Cat Stevens pada Islam dimulai ketika dia mendengar suara azan saat berlibur ke Marrakesh. Dijelaskan kepadanya saat itu bahwa azan merupakan 'musik untuk Tuhan'.

Konsep tersebut menggelitik Cat Stevens karena sebelumnya dia hanya mengenal musik untuk uang, popularitas, dan kekuatan pribadi seseorang. Namun hal itu tidak serta-merta membuatnya langsung pindah agama.

Perjalanan religiusnya berlanjut ketika nyaris tenggelam di Malibu, California. Di mana dia berdoa kepada Tuhan, apabila dia diselamatkan maka dia akan mengabdi. Keajaiban datang padanya dan diselamatkan oleh ombak yang membawanya ke pantai.

Baca Juga: Nania Idol Ungkap Kematian Salah Satu Alasan Dia Mualaf

Dari situ, dia haus akan pengetahuan spiritual dan belajar banyak hal mulai dari Budha hingga astrologi. Sampai akhirnya dia diberi hadiah oleh kakak laki-lakinya sebuah Al-Qur'an dan memulai menyelami Islam.

Saya memutuskan untuk berbalik dan menuju pantai dan, tentu saja, pada saat itu saya menyadari, 'Saya melawan Pasifik.' Tidak mungkin saya akan selamat," kata Yusuf dilansir dari Sindonews.com.

Dalam sebuah wawancara dengan sebuah program BBC, Cat Stevens mengaku tidak secara langsung tertarik dengan Al-Qur'an, terlebih karena dia dibesarkan dengan kepercayaan kuno yang dianut oleh sang ayah.

Baca Juga: Kisah Bule Asal Jerman Putuskan Mualaf Usai Lihat Muslim Salat

Namun karena pada momen tersebut dia tengah melakukan pencarian spiritual, tak butuh waktu lama buatnya tenggelam dalam isi Al-Qur'an dan memutuskan pindah agama di tahun 1977.

Sejak itu dia pun kemudian ganti nama jadi Yusuf Islam, sebelum akhirnya kini menggunakan nama Yusuf Cat Stevens. Nama Yusuf dia pilih karena sangat menyukai kisah Nabi Yusuf di Al-Qur'an.

Namun perjalanan mualaf Cat Stevens diwarnai dengan penolakan dari kalangan penggemar khususnya di negara-negara barat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

TAG:
Baca Juga