Zakat ASN Pemkot Kendari Berpotensi Capai Rp 3 Miliar

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 20 April 2021
0 dilihat
Zakat ASN Pemkot Kendari Berpotensi Capai Rp 3 Miliar
Zakat ASN akan sangat membantu pemerintah dalam proses pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak COVID-19. Foto: Repro Suara.com

" Saya sudah instruksikan Baznas agar betul-betul mengelola amanah ini dengan baik. Saya minta selain disalurkan kepada masyarakat tidak mampu, juga disalurkan untuk kegiatan produktif masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19 saat ini. "

KENDARI, TELISIK.ID - Potensi zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkot Kendari mencapai Rp 3 miliar.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyebut, jika terkumpul seluruhnya, maka akan sangat membantu pemerintah dalam proses pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak COVID-19.

Menurut Sulkarnain, tingginya potensi penerimaan zakat tak lepas dari kebijakannya menaikkan Tunjangan Kinerja (Tukin) ASN hingga 30 persen.

Kebijakan itu tentunya berdampak pada penerimaan zakat yang dibayarkan ASN ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setiap tahunnya.

Baca juga: Kaya Manfaat, Kelapa Muda Favorit Berbuka Puasa

"Kalau semua (ASN) tertib bayarnya, maka kita bisa himpun dan salurkan lebih banyak lagi ke masyarakat yang membutuhkan. Tahun ini kami menargetkan Rp 2 miliar lebih. Lebih tinggi jika dibandingkan tahun lalu hanya Rp 1,3 miliar. Mudah-mudahan bisa tercapai," kata Sulkarnain Kadir baru-baru ini.

Politikus PKS ini juga memastikan penyaluran zakat bisa tepat sasaran. Sebab, yang mengelola dana umat tersebut adalah Baznas Kota Kendari.

"Saya sudah instruksikan Baznas agar betul-betul mengelola amanah ini dengan baik. Saya minta selain disalurkan kepada masyarakat tidak mampu, juga disalurkan untuk kegiatan produktif masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19 saat ini," kata Sulkarnain.

Sementara itu, Ketua Baznas Kendari, Alimuddin mengaku siap melaksanakan instruksi wali kota dalam pengelolaan zakat ASN. Menurutnya, pihaknya selama ini sudah mengelola zakat dengan baik, bahkan saat ini dana zakat tahun 2020 sekira Rp 1,3 miliar telah sukses disalurkan kepada masyarakat.

"Zakatnya kita sudah salurkan kepada delapan golongan yang berhak menerima zakat. Plus disalurkan untuk kegiatan ekonomi produktif dalam rangka pemulihan ekonomi daerah di masa pandemi COVID-19 saat ini," kata Alimuddin. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga