Zona Hijau, 24 Kelurahan di Kendari Mulai Persiapkan New Normal

Sumarlin, telisik indonesia
Senin, 08 Juni 2020
0 dilihat
Zona Hijau, 24 Kelurahan di Kendari Mulai Persiapkan New Normal
Wali Kota Kendari mengumumkan persiapan new normal pada kelurahan zona hijau di Kota Kendari. Rumah ibadah, objek pelaku usaha dan sekolah jadi prioritas. Foto: Sumarlin/Telisik

" Ini fase awal menghadapi new normal. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sudah delapan hari ini kasus COVID-19 Kota Kendari stagnan dan menunjukkan trend yang membaik. Dari 65 kelurahan di Kota Kendari 24 diantaranya sudah berada pada zona hijau.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir dalam rilis resmi di Media Center Kota Kendari mengatakan, kelurahan yang sudah berada pada zona hijau diminta mulai melakukan persiapan untuk memasuki new normal.

“Ini fase awal menghadapi new normal,” ungkapnya, Senin (8/6/2020).

Untuk tahap awal ini tiga objek yang jadi prioritas yakni, rumah ibadah, objek pelaku usaha dan sekolah.

Tiga objek ini tutur wali kota, diminta membentuk tim untuk mempersiapkan semua hal menuju new normal. Setelah persiapan tuntas maka diminta mengajukan usulan pada Dinas Kesehatan untuk dilakukan verifikasi.

“Objek yang dapat izin kalau memiliki skor 90, ini sangat ketat,” tegasnya.

Untuk sekolah, wali kota meminta pihak sekolah melibatkan semua stakeholder termasuk orang tua, sehingga ditemukan titik kesepakatan bagaimana  sekolah aman dari penularan COVID-19.

“Semua PAUD tidak diizinkan,” ucapnya.

Baca juga: PDIP Dikabarkan Terima Mahar Rp 15 M, Rusman: Itu Pelecehan Bagi Partai

Wali kota juga mengingatkan, agar masyarakat yang berada di kelurahan zona hijau tetap disiplin dan menjalankan semua protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

“Tetap jalankan protab kesehatan, gunakan masker, cuci tangan dan hindari tempat berkumpul yang rawan penyebaran COVID-19,” tambahnya.

Selain itu, lanjut wali kota, mulai hari Senin (8/6/2020) para ASN di Kota Kendari sudah menjalankan beberapa kebijakan, diantaranya bekerja dari rumah (WFH) bagi ASN berusia di atas 50 tahun.

Berdasarkan data persebaran kasus COVID-19, hingga Senin (8/6/2020) jumlah kasus positif COVID-19 di Kota Kendari tersisa 12 kasus. Empat kasus sedang dirawat di RSUD Kendari, dua kasus dirawat di RSUD Bahteramas dan enam kasus di RS Bhayangkara Kendari.

Dari 65 Kelurahan di Kota Kendari 11 dinyatakan zona merah, 30 zona kuning dan 24 zona hijau.

 

Sumarlin

Baca Juga