adplus-dvertising

Zulkifli Hasan Usulkan ke Jokowi, Mantan Ketum PAN Jadi Menteri

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Senin, 13 September 2021
697 dilihat
Zulkifli Hasan Usulkan ke Jokowi, Mantan Ketum PAN Jadi Menteri
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan. Foto: Repro tribunnews.com

" Zulkifli Hasan atau Zulhas mengaku menitipkan nama Soetrisno Bachir apabila Jokowi memberikan tawaran jabatan kepada PAN "

JAKARTA,TELISIK.ID – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengungkapkan, nama Ketua Dewan Kehormatan PAN, Soetrisno Bachir sebagai calon menteri yang diusulkan kepada Presiden Joko Widodo.

Seiring dengan bergabungnya PAN dalam partai politik (Parpol) koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf, seperti terlihat dalam rapat parpol koalisi pendukung pemerintah di Istana Negara, Jakarta, belum lama ini.

Zulkifli Hasan atau Zulhas mengaku menitipkan nama Soetrisno Bachir apabila Jokowi memberikan tawaran jabatan kepada PAN.

Namun, rekomendasi itu bukan berarti PAN menyodorkan nama karena kewenangan sepenuhnya berada di tangan Jokowi.

Meski ketika itu, Soetrisno berbeda sikap politik dengan PAN yang menaunginya, lantas menggerakkan relawan pemenangan Pilpres 2014 dan 2019 mendukung Jokowi sebagai calon presiden.

"Kita tidak menyodorkan. Memang pernah satu pertemuan saya menyampaikan, karena ada Dewan Kehormatan PAN, namanya Mas Tris (Soetrisno Bachir) itu. Itu dulu tim sukses Pak Jokowi. Dulu Ketua KEIN (Komite Ekonomi Industri Nasional)”, kata Zulkifli saat diwawancarai Karni Ilyas, dikutip dari channel YouTube Karni Ilyas Club, Senin (13/9/2021).

Lebih lanjut, Zulkifli mengatakan, bila memungkinkan, Jokowi menunjuk Soetrisno sebagai menteri. Atau peran apapun yang dikehendaki Presiden.

Baca Juga: Menantu Soekarwo Banjir Dukungan Pimpin Demokrat Jatim

Baca Juga: Bulan Bakti 20 Tahun Demokrat, Legislator William Wandik Gelar Serbuan Vaksin COVID-19

"Kalau memungkinkan saya menitip apa saja. Mas Tris sebagai tim sukses Pak Jokowi pada waktu itu bisa kembali diperankan apapun terserah," ujar Wakil Ketua MPR RI ini.

Namun, hingga saat ini PAN belum mendapatkan kabar kursi apa yang akan diberikan Jokowi setelah bergabung dengan koalisi pemerintah. Zulkifli mengaku belum bicara kursi menteri dengan Jokowi.

"Sejujurnya apa adanya kita memutuskan kemarin sampai Rakernas belum ada pembicaraan soal itu, belum ada, kami menyadari itu hak prerogatif presiden," katanya.

Diketahui Soetrisno Bachir adalah seorang pengusaha dan Ketua Umum PAN periode 2005-2010. Ia kelahiran Pekalongan, Jawa Tengah, 10 April 1957. (C)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga