10 Tahun Vakum, 81 Racer Ramaikan Road Race LMA CUP I di Muna

Sunaryo

Reporter Muna

Sabtu, 05 Maret 2022  /  6:33 pm

Wabup Muna, Bachrun Labuta bersama Anggota DPR RI, Rusda Mahmud melepas para racer. Foto: Sunaryo/Telisik

MUNA, TELISIK.ID - Sempat vakum selama 10 tahun, kejuaraan road race (balap motor) kembali digelar di Kabupaten Muna.

Balapan berbendera LMA Cup I itu diselenggarakan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Muna yang disponsori LM Aswin (LMA), Pemkab Muna dan PDAM Muna.

81 racer yang berasal dari dalam dan luar Sultra itu akan menjajal sirkuit Sarana Olahraga (SOR) La Ode Pandu selama dua hari, yakni Sabtu-Minggu (5-6/3/2022).

Balapan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Muna, Bachrun Labuta yang disaksikan langsung oleh Anggota DPR RI, Rusda Mahmud, LMA dan seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Ketua Panitia, La Ode Darma Mainse menerangkan, road race kali ini ada 17 klas yang diperlombakan yang diikuti kelas pemula dan seeded (senior).

"Untuk panjang lintasan 1.200 meter dengan 7 tikungan," kata pria yang karib disapa Duex itu.

Wabup Muna, Bachrun Labuta mengatakan, kegiatan road race, bukan saja sebagai ajang olahraga. Dengan banyak warga luar Muna yang datang, bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi pariwisata.

"Sangat positif, kami di Pemkab akan terus mendukung dan memfasilitasi," kata Bachrun.

Menurut Bachrun, dunia balap motor, bukan hal yang baru bagi Bumi Sowite. Racer Muna sudah terbukti pada balapan di tingkat Sultra hingga nasional.

Baca Juga: Soal Aktivitas PT GKP, Wabup Konkep: Jangan Terprovokasi

"Kejayaan pembalap Muna tidak terlepas dari keluarga Tuhatu," sebutnya.

Anggota DPR RI, Rusda Mahmud menerangkan, road race LMA CUP I merupakan napak tilas sejarah panjang kesuksesan pembalap Muna. Kegiatan ini pula, menurut politisi Demokrat itu selain bertujuan untuk meningkatkan olahraga dan memacu adrenalin untuk menumbuhkan bakat, juga menghibur masyarakat.

"Saya sudah bicara dengan LMA. Iven ini akan berkelanjutan di tahun depan (2023). Saya juga akan membawa tim pembalap dari Kolaka Utara," terangnya.

Baca Juga: Sempat Jadi Idola, Wisata Taman Embung Mubar Kini Tak Terawat

Sementara itu, LMA mengatakan, tujuannya melaksanakan road race untuk mencari bibit-bibit pembalap lokal. Kejayaaan pembalap Muna harus kembali diangkat, sehingga dapat terus mengharumkan nama daerah.

"Daerah kita ini daerah transit, makanya saya ingin buat ramai. Insya Allah, setelah lebaran ada iven besar yang akan dibuat," pungkasnya. (A)

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin