Balon Bupati Kolaka Utara Anton Paparkan Program Jaminan Perlindungan Sosial untuk Nelayan

Muh. Risal H

Reporter Kolaka Utara

Jumat, 20 September 2024  /  7:05 pm

Ratusan warga Desa Sipakainge, Kecamatan Pakue sambut kedatangan balon Bupati Kolaka Utara, H. Anton. Foto: Andalanku

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID – Bakal calon Bupati Kolaka Utara, Anton, terus bergerak untuk menyerap aspirasi serta mensosialisasikan program kerjanya kepada masyarakat. Dalam rangkaian kunjungannya, ia bertemu dengan para simpatisan, pendukung, dan tokoh masyarakat di sembilan desa, termasuk Desa Sipakainge, dari tanggal 15 hingga 19 September 2024.

Dalam setiap kunjungannya, Anton menekankan pentingnya memilih pemimpin berdasarkan program kerja, bukan hanya sosok calon. Dengan jargon "Kolaka Utara Maju: Santun, Tangguh, dan Religius," ia mengajak para pendukung untuk mengedepankan politik yang saling menghargai dan menjaga ketenteraman.

Pada Rabu (18/9/2024), Anton bertemu ratusan pendukung di posko pemenangan Desa Sipakainge, yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Ia menjelaskan pentingnya jaminan perlindungan sosial bagi nelayan, terutama untuk melindungi mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Balon Bupati Kolaka Utara, H. Anton saat berdialog langsung dengan warga Desa Sipakainge. Foto: Andalanku

 

“Jika kami diberi kesempatan, kami akan memastikan para nelayan memiliki jaminan sosial yang biayanya sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah daerah,” ungkap Anton.

Baca Juga: Siska Yakin Menang Besar di Kecamatan Mandonga dengan Tim Pemenangan yang Kuat

Ia menghitung bahwa dengan 5.000 nelayan di Kolaka Utara, pemerintah hanya perlu menyiapkan anggaran Rp 1 miliar per tahun.

Jaminan sosial ini mencakup santunan untuk nelayan yang mengalami kecelakaan saat melaut, mulai dari Rp 15 juta untuk luka hingga Rp 150 juta untuk meninggal dunia.

Selain program perlindungan sosial, Anton juga memperkenalkan beberapa program unggulan lainnya, antara lain:

1. Bantuan Operasional untuk Pendidikan: Rp 250 juta per tahun untuk pondok pesantren dan sekolah swasta berbasis Islam, serta Rp 300 juta untuk pondok tahfiz dan rumah tahfiz.

Balon bupati Kolaka Utara, H. Anton saat mengecek dermaga olo-oloho di Desa Sipakainge. Foto: Andalanku

 

2. Bantuan Peningkatan Gaji: Rp 200 juta per desa untuk gaji imam masjid, marbot masjid, dan berbagai lembaga lainnya.

3. Program Kakao Plus: Melalui pemberdayaan masyarakat.

4. Pembangunan Infrastruktur: Membangun jalan antar kecamatan dan akses jalan dari Kecamatan Porehu ke Asera, Kabupaten Konawe Utara.

5. Pembangunan Pabrik Smelter: Mendorong percepatan pembangunan pabrik smelter di Kecamatan Batu Putih dan Tolala.

Baca Juga: Pasangan Kardini - Noor Dhani Yakin Tren Positif Kian Dipercaya Masyarakat Muna

Anton berharap, dengan dukungan masyarakat, program-program ini dapat terwujud dan memberikan manfaat nyata, terutama bagi nelayan.

Jufri, seorang nelayan di Desa Sipakainge, menyampaikan harapannya agar pasangan Anton-Abbas terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara.

“Program kerjanya sangat bagus untuk nelayan. Kami berharap ada jaminan sosial yang selama ini tidak ada,” harapnya.

Sebelum menyapa para simpatisan, Anton meninjau infrastruktur jalan kabupaten di sekitar Desa Sipakainge dan berinteraksi dengan warga setempat, serta merencanakan pembangunan dermaga yang akan mempermudah akses menuju Kecamatan Pakue Tengah dan Batu Putih. (B-info)

Penulis: Muh. Risal H.

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS