Begini Persiapan Upacara HUT RI ke-79 di IKN, Jokowi Berdampingan dengan Prabowo saat Pengibaran Bendera

Ahmad Jaelani

Reporter

Kamis, 08 Agustus 2024  /  4:22 pm

Presiden Jokowi saat motoran bareng influencer di IKN. Foto: Instagram@jokowi

JAKARTA, TELISIK.ID - Pemerintah merencanakan perayaan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 di dua tempat, Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Jakarta. Namun, upacara pengibaran bendera merah putih hanya akan dilaksanakan di IKN.

Pelaksana Tugas Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Raja Juli Antoni mengatakan, ia sudah membahas persiapan upacara kemerdekaan di IKN dengan Kepala OIKN, Basuki Hadimuljono.

"Saya bertemu dengan Pak Bas kami update semua perkembangan," katanya, seperti dilansir dari Tempo, Kamis (8/8/2024).

Upacara 17 Agustus atau HUT RI pertama di IKN bakal dipimpin Presiden Joko Widodo. Ia akan didampingi presiden terpilih Pilpres 2024 Prabowo Subianto. Pemerintah menyediakan perkemahan mewah atau glamping bagi petugas upacara HUT RI di IKN.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono yang juga Penjabat Gubernur DKI Jakarta mengatakan, "Kalau upacara, nanti kami persiapkan rumah tinggal ASN (aparatur sipil negara) ada beberapa hotel dan glamping perkemahan untuk peserta atau petugas," bersumber dari antaranews.com.

Baca Juga: Tarian Sultra Kembali Dipercaya Semarakkan HUT RI di Istana Negara

Namun, Heru belum memerinci berapa unit glamping yang disiapkan pemerintah untuk kepentingan itu. Petugas yang mengatur lalu lintas pada peringatan HUT RI di IKN mendapat pelatihan tambahan.

Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda Kalimantan Timur Ajun Komisaris Besar Roni Mustofa mengatakan, pelatihan tambahan diberikan untuk memastikan mereka lebih lancar lagi dalam menjalankan tugas mengatur lalu lintas. Polda Kalimantan Timur bekerja sama dengan unit Sabhara hingga Dinas Perhubungan.

Sementara Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, nominal tarif sewa kebutuhan alat transportasi dan penginapan untuk keperluan HUT RI di IKN tak bisa disamakan dengan situasi umum.

"Memaknainya adalah jangan disamakan 'apple to apple' dengan situasi yang umum," katanya di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Menurut Moeldoko, penggunaan dana APBN bagi kebutuhan perayaan hari nasional di Indonesia tidak ada yang mahal. Hal itu juga termasuk akomodasi hotel bagi tamu penting atau VIP dan VVIP selama menginap di IKN.

Baca Juga: Sosok Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakilnya Undur Diri Jelang Rencana Jokowi Gelar Upacara HUT RI ke-79 di IKN

"Ya, bagi saya untuk kepentingan hari ulang tahun negara itu enggak ada yang mahal, selama enggak dipakai sesuka kita, dan semuanya bisa dikontrol," katanya.

Untuk pelayanan kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menjadi penyangga pelayanan kesehatan pada HUT RI di IKN.

"Sebagai fasilitas kesehatan terdekat dari Istana Presiden di IKN, kami telah mempersiapkan segala kebutuhan untuk menunjang layanan selama kegiatan HUT RI. Koordinasi telah dilakukan dengan Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi, serta Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara," kata Direktur RSUD Sepaku Eka Wardhana. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS