Tarian Sultra Kembali Dipercaya Semarakkan HUT RI di Istana Negara

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 07 Agustus 2024
0 dilihat
Tarian Sultra Kembali Dipercaya Semarakkan HUT RI di Istana Negara
Kepala Dinas Pariwisata Sultra Belli Harli Tombili (ujung kiri) saat bersama tim penari yang akan tampil di Istana Negara. Foto: Ist

" Tim penari Sulawesi Tenggara (Sultra) akan tampil di Istana Negara Jakarta untuk menyemarakkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID – Tim penari Sulawesi Tenggara (Sultra) akan tampil di Istana Negara Jakarta untuk menyemarakkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Tampilnya tim tari Sultra berdasarkan surat permintaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI kepada Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, pada Maret 2024 lalu.

Surat tersebut meminta kesediaan Pemerintah Provinsi Sultra untuk berperan serta pada bidang kesenian dalam rangka Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Awalnya Sultra akan tampil di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Namun, dalam perkembangannya kemudian, diputuskan peringatan HUT RI dilaksanakan di IKN dan Jakarta, dan Sultra akan tampil di Istana Negara Jakarta pada sesi penurunan bendera atau sore hari,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Sultra, Belli Harli Tombili, dalam siaran persnya, Rabu (7/8/2024).

Baca Juga: Puluhan Siswa SMP Taklukkan Kendari dengan Jalan Kaki 30 Km

Ini merupakan kali kedua tim tari Sultra tampil pada ajang peringatan HUT Kemerdekaan RI. Sebelumnya, Sultra berpartisipasi dengan menampilkan Tari Lumense yang berasal dari Kabupaten Bombana pada tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta.

Proses latihan tim penari asal Sulawesi Tenggara sebelum tampil meriahkan Hari Ulang Tahun ke-79 RI di Istana Negara. Foto: Ist

 

Tidak banyak provinsi yang dipercaya untuk menampilkan keseniannya di momen perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Istana Negara, baik di IKN maupun di Jakarta.

Selain Sultra, ada Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Papua, dan Jakarta yang juga dipercaya untuk menampilkan kesenian budaya mereka.  

Tim penari Sultra akan membawakan Tarian Lulo Alu yang juga berasal dari Kabupaten Bombana. Belli mengatakan pihaknya telah menyiapkan penari sebanyak 39 orang dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bombana dalam penyiapan penari maupun pelatihannya.

Tarian Lulo Alu berawal dari tradisi masyarakat di masa lalu seusai musim panen padi. Setelah panen yang hasilnya melimpah, warga berbondong-bondong berkumpul dan melakukan “moisa” yang berarti menumbuk padi.

Proses ini dilakukan dengan penuh suka cita dan dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Kegiatan moisa menghasilkan beras yang harum dan pulen, dan pesta rakyat pun dimulai.  

Belli menambahkan, sejak 8 Juli lalu, tim penari sudah berlatih secara intensif di Gedung Aula Bahteramas, Kompleks Kantor Gubernur Sultra.

Tim kurator yang dipimpin oleh kurator kawakan Indonesia, Eko Supriyanto, pada 6-9 Agustus 2024 datang khusus ke Kendari menyaksikan proses latihan dan melakukan penyempurnaan terhadap tari yang dibawakan.  

Eko merupakan nama besar dalam dunia tari Indonesia. Dosen di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta ini mulai dikenal secara internasional saat ditunjuk salah satu diva dunia Madonna menjadi penari latarnya.

Ia juga terlibat sebagai salah satu koreografer Opening-Closing Pesta Olahraga ASIAN Games 2018 di Stadion Utama GBK, Jakarta. Eko juga berperan sebagai sutradara sekaligus Direktur Artistik Opening-Closing Ceremony ASEAN Para Games XI, Solo 2022.

Baca Juga: Momen Kapolda Rangkul Tokoh Paguyuban Kesukuan se-Sulawesi Tenggara

Bersama Julie Taymor, Eko didaulat menjadi konsultan tari produksi Walt Disney “Lion King” Broadway Musical di Amerika Serikat. Di Kemenparekraf, Eko pernah menjadi salah satu kurator Karisma Event Nusantara (KEN) yang digelar setiap tahun.

Ditunjuknya Sultra sebagai salah satu daerah yang akan tampil dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI di ibukota ini tidak terlepas dari rekomendasi sang kurator. Eko mengapresiasi penampilan yang ditunjukkan tim tari Sultra sebelumnya.

Sesuai jadwal yang telah diterima Dinas Pariwisata Sultra, kata Belli, Tim Penari Sultra akan bertolak menuju Jakarta pada 14 Agustus mendatang dan langsung mengikuti proses gladi di Istana Negara. Mereka akan berada di Jakarta hingga penampilan selesai dan kembali ke Kendari pada 19 Agustus.

“Kami mengharapkan doa dan dukungan seluruh elemen masyarakat di Sultra. Mudah-mudahan adik-adik kita yang akan tampil nanti dapat menunjukkan yang terbaik, dan pada gilirannya dapat mengharumkan nama daerah,” harap Belli. (Adv/C)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga