Belanda Vs Prancis Imbang, Polandia Jadi Tim Pertama Angkat Kaki dari Euro 2024

Merdiyanto

Content Creator

Sabtu, 22 Juni 2024  /  10:57 pm

Polandia jadi tim pertama angkat kaki dari Euro 2024 setelah mengalami kekalahan dan pertandingan Belanda vs Prancis imbang. Foto: Repro AFP

BERLIN, TELISIK.ID - Polandia harus mengangkat kaki lebih dulu dari Euro 2024 setelah laga Belanda vs Prancis berakhir imbang tanpa gol.

Peluang Timnas Polandia lolos ke babak 16 besar Euro 2024 hangus akibat menelan dua kekalahan di Grup D yakni 1-2 oleh Belanda, dan yang terbaru 1-3 lawan Austria pada Jumat (21/6/2024) malam.

Dikutip dari Suara.com - jaringan Telisik.id, sebenarnya Polandia masih bisa lolos ke 16 besar Euro apabila Belanda berhasil mengalahkan Prancis.

Hal tersebut bisa terjadi jika saja gol Xavi Simons di babak kedua tidak dianulir wasit karena Denzel Dumfries dinilai berada dalam posisi offside saat bola meluncur masuk ke gawang Prancis.

Baca Juga: Rangking FIFA Timnas Indonesia Naik Usai Bantai Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Pertandingan Belanda vs Prancis berakhir imbang tanpa gol sehingga langkah Polandia di Euro 2024 harus terhenti di fase grup.

Pelatih Polandia, Micha Probierz setelah pertandingan mengatakan bahwa timnya terlalu banyak kehilangan bola yang menyebabkan kekalahan.

"Sepertinya kita bisa mengontrol pertandingan ini, tetapi kami justru sering kehilangan bola yang pada akhirnya membuat kami kalah," kata dia.

Meski sudah dipastikan tersingkir, Polandia masih harus melakoni matcday ketiga Grup D lawan Prancis pada Selasa (25/6/2024).

Dikutip dari Bolasport.com, skuad berjulukan Bialo Czerwoni kembali gagal memetik poin akibat digilas Austria dengan skor 1-3.

Polandia hanya bisa mencetak satu gol lewat Krzysztof Piatek untuk menyamakan kedudukan 1-1 guna membayar lesakan awal Gernot Trauner bagi Austria.

Gol eks bomber AC Milan itu tak cukup memberikan angka buat Polandia. Karena, gawang Wojciech Szczesny kembali ke bobolan saat memasuki babak kedua, dua gol melalui tembakan Christoph Baumgartner dan penalti Arnautovic.

Kekalahan di Berlin menyusul skor 1-2 yang mereka alami saat duel pembuka melawan timnas Belanda.

Polandia hanya koleksi 0 poin, mereka tak mungkin lagi finis di posisi dua teratas Grup D.

Baca Juga: Bantai Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia Ukir Sejarah Baru

Maksimal mereka hanya bisa mengintip peluang lolos fase gugur melalui jalur tim peringkat ketiga terbaik.

Namun, harapan bagi Lewandowski dkk lolos ke 16 besar Euro 2024 harus terkubur setelah laga Belanda vs Prancis berakhir imbang.

Untuk klasemen sementara Grup D, Belanda dan Prancis sama-sama mengantongi 4 angka. Polandia tak akan mampu lagi bersaing menduduki posisi ketiga.

Kemenangan atas Prancis sekalipun tidak akan mempengaruhi klasemen karena Polandia kalah head to head dari Austria dan tak bisa menggeser sang rival di klasemen. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS