Delapan Cabang Olahraga dan Daftar 18 Atlet Tanah Air Lolos Olimpiade Paris 2024

Ahmad Jaelani

Reporter

Senin, 22 Juli 2024  /  1:52 pm

Kemenpora saat melepas 18 atlet, untuk mengharumkan nama Indonesia di ajang Olimpiade Paris 2024. Foto: Repro bola.net

JAKARTA, TELISIK.ID - Indonesia telah mengumumkan daftar atlet yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. Olimpiade yang akan berlangsung dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2024 di Paris, Prancis, ini adalah salah satu ajang olahraga paling bergengsi di dunia.

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) telah mengirimkan atlet-atlet terbaiknya untuk bersaing demi meraih medali di ajang empat tahunan ini. Olimpiade adalah ajang multi-event yang sangat prestisius dan diadakan setiap empat tahun sekali.

Paris sendiri pernah menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 1900 dan 1924, menjadikan kota ini sebagai kota kedua setelah London, Inggris, yang menjadi tuan rumah Olimpiade sebanyak tiga kali. Pada tahun 2024, Paris akan kembali menjadi panggung bagi atlet-atlet terbaik dunia untuk bersaing dalam berbagai cabang olahraga.

Sebanyak 182 negara akan berpartisipasi dalam Olimpiade 2024. Akan ada 32 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan total 329 nomor berbeda. Indonesia pun tidak ketinggalan dalam mempersiapkan kontingennya. Hingga kini, 18 atlet dari berbagai cabang olahraga telah dipastikan lolos dan siap berjuang di Paris, seperti dilansir dari bola.net, Senin (22/7/2024).

Kontingen Indonesia akan terdiri dari 29 atlet yang akan berlaga di 12 cabang olahraga berbeda. Mereka telah dikukuhkan oleh Menpora di Kantor Kemenpora, Jakarta Pusat. Prestasi para atlet dalam babak kualifikasi dan seri sebelumnya sangat baik, dan diharapkan mentalitas dan konsistensi mereka bisa membawa hasil yang memuaskan di Olimpiade.

Daftar Wakil Indonesia yang Lolos ke Olimpiade Paris 2024, bersumber dari indonesiabaik.id:

Baca Juga: Piala AFF U-19: Indonesia Sikat Kamboja 2-0, Iqbal Gwijangge Top Skor Sementara

1. Panahan

A. Arief Dwi Pangestu

B. Diananda Choirunisa

2. Senam Artistik

A. Rifda Irfanaluthfi

3. Menembak

A. Fathur Gustafian

4. Panjat Tebing

A. Rahmad Adi Mulyono

B. Desak Made Rita

5. Selancar

A. Rio Waida

6. Angkat Besi

A. Eko Yuli Irawan

B. Rizki Juniansyah

C. Nurul Akmal

6. Badminton

A. Jonatan Christie

B. Anthony Ginting

C. Gregoria Mariska Tunjung

D. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

E. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Ramadhanti

F. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Baca Juga: Piala AFF U-19: Timnas Indonesia Bantai Filipina 6-0

7. Balap Sepeda

A. Bernard Benyamin Van Aert

8. Dayung

A. La Memo

Cabang olahraga bulutangkis mendominasi dengan lima wakil yang akan berangkat ke Paris. Selain bulutangkis, panahan, senam artistik, menembak, panjat tebing, selancar, angkat besi, balap sepeda, dan dayung juga mengirimkan atlet-atlet terbaiknya. Mereka telah melalui proses seleksi yang ketat dan siap menunjukkan kemampuan terbaik mereka di Olimpiade. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS