Demo Kedatangan Jokowi, Aliansi GAM: Jokowi Gagal, Pulang Mako

Rezki Mas'ud

Reporter Makassar

Kamis, 18 Maret 2021  /  3:59 pm

Aliansi Mahasiswa GAM demo depan kantor DPRD Makassar tolak kedatangan Presiden Jokowi. Foto: Rezki Mas'ud/Telisik

MAKASSAR, TELISIK.ID - Kedatangan Presiden RI, Joko Widodo disambut dengan beberapa aksi unjuk rasa dari mahasiswa dan aliansi di beberapa titik Kota Makassar, Kamis (18/03/2021).

Salah satu aksi unjuk rasa dari aliansi mahasiswa Gerakan Aktivis Makassar (GAM), yang berlangsung di depan kantor DPRD Kota Makassar menolak kedatangan Jokowi, dalam rangka memantau pemberian vaksin massal dan peresmian proyek infrastruktur.

Aliansi GAM ini menilai Presiden Jokowi gagal dalam kepemimpinan selama 7 tahun di Indonesia. Selain itu massa aksi juga menilai penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia tidak maksimal, sehingga tidak berdampak pada pemulihan ekonomi.

Dalam seruan dan orasinya, aliansi ini meminta Presiden Jokowi pulang dan tinggalkan Kota Makassar karena gagal dalam kepemimpinannya, seperti tulisan di beberapa spanduk yang mereka bentangkan, salah satunya bertuliskan; 'Jokowi Gagal, Pulang Mako'.

Diberitakan sebelumnya, unjuk rasa terkait kedatangan Presiden Jokowi juga dilakukan di depan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin ,yang dilakukan oleh tujuh mahasiswa dari salah satu universitas Negeri di Kota Makassar, Kamis (18/3/2021).

Ketujuh mahasiswa tersebut menamakan diri Perhimpunan Pergerakan Mahasiswa (PPM) Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka berunjuk rasa tepat di depan pintu masuk kampus UINAM, dan membentangkan spanduk yang bertuliskan, 'Evaluasi Kinerja Menteri Kesehatan dan Cabut Omnibus Law'.

Akibatnya, kemacetan panjang terjadi di ruas jalan Sultan Alauddin, Makassar. Kemacetan mengular dari pertigaan Jl Emmy Saelan Alauddin hingga di depan kampus UINAM.

"Kedatangan Jokowi dengan agenda meresmikan tol layang, apakah peresmian ini tidak memiliki dampak lain dari tol layang," kata seorang orator aksi.

Baca Juga: Kejari Kendari Terima Berkas Tahap II Kasus Korupsi Alat PCR COVID-19

Tidak hanya itu, mereka juga menyoroti dua priode kinerja Jokowi yang dianggapnya tidak berpihak pada rakyat kecil.

"Di periode kepemimpinan Jokowi hanya fokus di pembangunan, tidak ada dampak bagi masyarakat kecil," ujarnya.

Unjuk rasa yang dikawal sejumlah aparat kepolisian itu, bubar sekitar pukul 12.15 Wita.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo saat ini tengah berada di Tana Toraja meresmikan proyek bandara.

Selain itu, orang nomor satu di Indonesia itu juga meresmikan proyek Kolam Regulas dan Tol Layang di Makassar. (B)

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Fitrah Nugraha

TOPICS