Dikbud Sultra Sukses Gelar Kompetisi Tari Lulo Kreasi 2024, Ini Daftar Juaranya

Siti Nabila

Reporter

Jumat, 05 Juli 2024  /  7:57 am

Foto bersama para juri, Sekretaris Dikbud Sultra, Kepala Panitia Pelaksana kompetisi tari lulo kreasi tingkat komunitas dan sanggar provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Nabila/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sukses menggelar Kompetisi Tari Lulo Kreasi tingkat komunitas dan sanggar se provinsi Sulawesi Tenggara 2024.

Ajang ini merupakan program pengembangan kebudayaan UPTD Museum dan Taman Budaya Sultra, yang diikuti 10 sanggar dari berbagai kabupaten/kota di Sultra. Berlangsung selama tiga hari di Gedung Kesenian Taman Budaya dan Museum Sultra, Kamis (4/7/2024)

W. Syuhida, Panitia Pelaksana kegiatan mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak yang ikut menyukseskan kegiatan tersebut. Ia juga mengapresiasi setiap partisipan yang mengikuti kompetisi.

"Setiap perlombaan pasti ada yang menang dan kalah. Untuk yang kalah jangan berkecil hati, masih ada kesempatan di tahun-tahun berikutnya. Dan kami ucapkan selamat kepada yang menang. Tidak lupa juga saya ucapkan terimakasih kepada seluruh panitia  yang membantu menyukseskan kegiatan ini," ucapnya sebelum menutup kegiatan.

Penyerahan topi Juara oleh Sekretaris Dikbud Sultra, Angreni Balaka kepada Riastin, perwakilan Juara 1. Foto: Nabila/Telisik

 

Ia berharap, kompetisi ini dapat meningkatkan kreativitas para pelaku seni sehingga lebih mampu mengembangkan dan mengekspresikan diri dalam melestarikan kebudayaan, terkhususnya seni budaya lokal sultra.

Baca Juga: Sanggar Seni Studio 28 Kendari Raih Juara I Kompetisi Tari Kreasi Tingkat Sultra

Firmansyah, juri kompetisi juga seorang akademisi dan pegiat seni pertunjukan, mengatakan bahwa semua penampilan setiap tim semua bagus dan mengaku kesulitan untuk menentukan siapa yang berhak menjadi pemenang dalam kompetisi ini.

Tim Juara Kompetisi Tari Kreasi Tingkat Komunitas dan sanggar se provinsi Sulawesi Tenggara 2024. Foto:Nabila/Telisik

 

Firmansyah juga mengungkapkan, dalam penilaian kompetisi perlu keseriusan karena seni tari bukan hanya sebatas tontonan melainkan terdapat banyak unsur di dalamnya.

Foto bersama setiap peserta kompetisi tari lulo kreasi tingkat komunitas dan sanggar provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Nabila /Telisik

 

"Tentu penilaian mulai dari keindahan gerakan, kreativitas gerak, detail gerakan, pakaian atau kostum peserta yang tentu sesuai dengan tema tarian, adanya kesesuaian gerak dengan musik pengiring, musik dari tari itu sendiri dan ekspresi juga penghayatan," jelasnya

Baca Juga: Lestarikan Budaya Sulawesi Tenggara, Dikbud Sultra Gelar Lomba Tari Lulo Kreasi

Adapun pemenang kompetisi tari lulo kreasi tingkat komunitas dan sanggar se provinsi Sulawesi Tenggara 2024 ialah, Juara 1 diraih Komunitas Geriampis Kendari, Juara 2 diraih Sanggar Glow Management Kendari, Juara 3 Anasepu dan Juara 4 studio 28 Kendari.

Arini ayu sadalwati, Kepala sanggar seni Geriampis, mengaku bangga kepada anak didiknya karena telah menampilkan yang terbaik sehingga memperoleh prestasi tersebut.

"Ya, alhamdulillah, kami semua sangat bangga atas capaian tersebut, karena yang kita inginkan setiap mengikuti lomba tentu juara tapi diawal juga kami sudah beri tau jangan terlalu pikirkan juara yang penting tampilkan saja yang terbaik," jelasnya (A-Adv)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS