Lestarikan Budaya Sulawesi Tenggara, Dikbud Sultra Gelar Lomba Tari Lulo Kreasi

Siti Nabila, telisik indonesia
Rabu, 03 Juli 2024
0 dilihat
Lestarikan Budaya Sulawesi Tenggara, Dikbud Sultra Gelar Lomba Tari Lulo Kreasi
Foto bersama Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Provinsi Sultra Laudin, Sekretaris Dikbud Sultra, Angreni, para juri lomba lulo kreasi dan peserta lomba. Foto: Nabila/Telisik

" Dalam rangka melestarikan dan mengembangkan kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Lomba tari lulo kreasi tingkat komunitas dan sanggar se-Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam rangka melestarikan dan mengembangkan kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Lomba tari lulo kreasi tingkat komunitas dan sanggar se-Provinsi Sulawesi Tenggara.

Perlombaan berlangsung di Gedung Kesenian Taman Budaya dan Museum Sultra di Kota Kendari, sejak Selasa (2/7/2024).

Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Provinsi Sultra Laudin, saat membuka kegiatan mengatakan, kegiatan ini merupakan program pengembangan kebudayaan di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum dan Taman Budaya Sultra.

"Kami adakan setiap tahun, dengan maksud untuk memberikan wadah bagi komunitas dan pelaku seni dalam mengekspresikan bakat dan kreativitas dalam pengembangan budaya lokal di Sulawesi Tenggara," katanya.

Menurut dia, melalui kegiatan ini juga akan membangkitkan kembali minat anak muda untuk lebih mencintai kebudayaan yang mulai tergerus oleh perkembangan teknologi.

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Launching Seragam Putih Abu-Abu Merek A to B Karya Siswa SMK

Selanjutnya, Laudin mengatakan dalam hal penilaian lomba, panitia telah mendatangkan juri berkompeten mulai dari praktisi seni budaya hingga akademisi.

"Mereka yang memang paham kebudayaan Sultra terlebih adat yang berasal dari Tolaki dan tentu semua juri harus tau mengenai asal usul tari lulo itu sendiri," pungkasnya.

Terakhir Ia mengemukakan pentingnya dukungan pemerintah provinsi dan kabupaten serta kota, terkait dengan pendanaan, bagi upaya pelestarian seni budaya daerah setempat.

Sekretaris Dikbud Sultra, Angreni Balaka mengatakan, perlombaan ini dilaksanakan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Dia juga menyampaikan selain sebagai wadah mengembangkan kreativitas, juga sebagai ajang silaturahmi antara komunitas/sanggar se-Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Kembali Gelar O2SN, Dikbud Sulawesi Tenggara Target Medali Emas Semua Cabang di Tingkat Nasional

"Lomba tari lulo kreasi diikuti 10 sanggar seni yang berasal dari Kota Kendari dan beberapa lainnya dari kabupaten di Sultra," jelasnya.

Lebih lanjut, Angreni menyebut pada hari ini tampil 5 sanggar seni pelajar dalam perlombaan tersebut, sedangkan pada hari berikutnya 5 juga, jadi total 10 sanggar.

Nurfadila salah satu peserta dari Sanggar Pondok Surya Creative Center, mengaku senang mengikuti perlombaan ini dan berterima kasih kepada Pemerintah Sulawesi Tenggara karena telah mengadakan perlombaan ini. (A)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga