Dishut Sultra Dapat Penghargaan BPS karena Data Sensus Pertanian

Erni Yanti

Reporter

Selasa, 22 Oktober 2024  /  7:31 pm

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tenggara, Sahid, saat diwawancarai telisik.id, Selasa (22/10/2024). Foto: Erni Yanti/ Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra atas pencapaiannya sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang suportif dan proaktif dalam menyukseskan pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 di Bumi Anoa.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh BPS kepada Kepala Dishut Sultra melalui salah satu stafnya pada Sabtu (19/10/2024).

Kepala Dishut Sultra, Sahid, menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk memberikan data yang cepat dan transparan dalam mendukung pelaksanaan Sensus Pertanian.

Baca Juga: Penahanan Guru Supriyani di Konawe Selatan Ditangguhkan, Proses Hukum Tetap Berlanjut

“Kami tidak menutup-nutupi informasi, termasuk mengenai luasan kawasan hutan, produksi hasil hutan, dan perizinan di Sultra, seperti izin pinjam pakai kawasan hutan (IPPKH), perizinan berusaha pemanfaatan hutan (PBPH), dan perhutanan sosial (PS),” ujar Sahid, di Kantor Dishut Sultra pada Senin (21/10/2024).

Sahid menjelaskan bahwa Dishut Sultra secara aktif memenuhi permintaan data dari BPS. Ia mencontohkan, pihaknya mengirimkan staf untuk berpartisipasi dalam rapat yang berlangsung di Kantor BPS Sultra selama tiga hari.

“Kami tidak pernah menunda atau menutup-nutupi data yang diminta,” tambahnya.

Baca Juga: 40 Pekerja Migran Ilegal dari Sultra Dideportasi, Tiga Meninggal Dunia

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kehutanan Sultra, Dharma Prayudi Raona, membenarkan bahwa Dishut dinilai aktif dalam memberikan data-data kehutanan yang relevan dengan pertanian. Ia menekankan pentingnya pembaruan data sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing bidang.

“Contohnya, untuk areal perhutanan sosial, kami mencatat jumlah kelompok tani hutan, produk yang dihasilkan, serta nilai ekonominya, karena data-data ini sangat dibutuhkan oleh BPS,” jelasnya.

Penghargaan ini menunjukkan komitmen Dishut Sultra dalam mendukung program pemerintah dan pentingnya kolaborasi antarinstansi dalam meningkatkan akurasi data statistik yang mendukung pembangunan di daerah. (B-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS