Dunia Sains Dibuat Tercengang, 14 Benda Peninggalan Nabi dan Rasul Masih Abadi

Ahmad Jaelani

Reporter

Senin, 08 Juli 2024  /  7:35 pm

Momen saat peninggalan Rasulullah, dari sorban hingga telapak kaki diabadikan di museum. Foto: Repro sindonews.com

KENDARI, TELISIK.ID - Ada beberapa peninggalan Nabi dan Rasul yang kerap menjadi pusat perhatian. Walaupun diketahui bahwa lingkup dakwahnya terletak di Jazirah Arab dan sekitarnya, peninggalan mereka kini sudah tersebar ke berbagai penjuru dunia.

Nabi dan Rasul adalah makhluk paling mulia di Bumi yang mempunyai tujuan khusus dari Allah SWT, yaitu menyampaikan dan melanjutkan wahyu kepada umat. Pada zaman dahulu, jumlah Nabi dan Rasul sangatlah banyak, sehingga hanya 25 saja yang harus diketahui oleh umat Islam, seperti dilansir dari viva.co.id, Senin (8/7/2024).

Kisah mereka diabadikan dalam Al-Quran. Menariknya, walaupun sudah hidup ribuan tahun yang lalu, jejak peninggalan mereka masih dapat dilihat sampai saat ini dan tersebar di beberapa negara Muslim dunia.

Beberapa peninggalan Rasulullah dibawa oleh khalifah ke Istanbul, yang mana pemerintah Utsmani menyimpannya. Usai kekhalifahan Utsmani bubar, pemerintah Turki mengambil alih dan menyimpan di Istana Topkapi.

1. Gamis Nabi Muhammad SAW

Salah satu peninggalan Nabi Muhammad SAW yang masih bisa dilihat sampai saat ini adalah baju gamis. Sepotong pakaian Rasulullah ini masih tersimpan dan pernah dipamerkan di Masjid Hirkai Sharif, Istanbul, Turki, pada bulan Ramadhan.

Baca Juga: Negara Ini Masih Terapkan Sistem Kasta, Mengenal Orang Dalit Dianggap Tak Boleh Disentuh

Selain dari Arab Saudi, peninggalan Nabi ini juga berasal dari Kairo, Mesir. Ketika kekhalifahan Islam berkuasa, mereka berusaha untuk mengumpulkan berbagai peninggalan Rasulullah, termasuk Turki Utsmani yang memegang kepemimpinan pada 1517.

2. Telapak Kaki Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad pernah melakukan Isra Mi'raj dari Makkah ke Masjidil Aqsa di Baitul Maqdis kemudian ke Sidratul Muntaha di Langit Ketujuh. Pada perjalanan tersebut, diceritakan telapak kaki beliau meninggalkan bekas di sebuah batu.

Cetakan kaki di batu tersebut lalu dipisahkan dan disimpan di tempat yang berbeda. Kedua cetakan telapak kaki tersebut disimpan di Istana Topkapi dan satu lagi di kompleks Masjid Al Aqsa.

3. Kunci Kabah

Peninggalan nabi berikutnya adalah kunci Kabah. Berdasarkan catatan sejarah, kunci Kabah di Mekah, Arab Saudi dipercayakan kepada kelompok Assyaibah atau Bani Syaibah untuk menyimpannya. Kunci tersebut mempunyai ukuran 35 cm.

Kunci tersebut dibungkus dengan kain hijau dan bordir berwarna emas. Kini, kunci tersebut disimpan di Istana Topkapi, di sebuah ruangan bernama Pavilion of Holy Mantle dan Holy Relics.

4. Istana Nabi Daud AS

Seorang arkeolog dari Hebrew University, Yerusalem, Israel, mengklaim bahwa dirinya sudah menemukan dua bangunan besar yang pernah ditinggali oleh seorang raja. Bangunan ini adalah istana dari Raja Daud atau Nabi Daud AS.

Dalam kisah Nabi Daud AS sendiri, beliau berhasil mengalahkan Goliat atau Jalut, seorang prajurit yang mempunyai tubuh besar. Bila disamakan dengan manusia, bentuk tubuhnya empat kali lebih besar.

5. Tongkat Nabi Musa AS

Dalam Al-Quran, Nabi Musa AS diceritakan bisa membelah Laut Merah untuk menghindari kejaran bala tentara Firaun yang akan membunuhnya dengan sebuah tongkat kayu. Ketika terdesak di tepi laut, Nabi Musa diperintahkan oleh Allah SWT memakai mukjizatnya yaitu tongkat.

Air Laut Merah akhirnya terbelah sehingga dapat dilalui Nabi Musa dan pengikutnya. Kini, peninggalan Nabi Musa tersebut diyakini berada di dalam sebuah kotak yang diberi nama The Ark of the Covenant.

6. Tabut Perjanjian Nabi Musa AS

Ketika Nabi Musa Alaihissalam berhasil kabur dari kejaran bala tentara kerajaan Firaun, beliau dikatakan bertapa di sebuah gua sebelum akhirnya menerima wahyu yang berupa Kitab Taurat. Salah seorang ahli bernama Ron Wyatt mengatakan dirinya sudah menemukan tabut perjanjian Nabi Musa AS.

Penemuan ini berada di Goa Yeremia, Israel. Hal ini sejalan dengan penemuan yang diperkirakan berhubungan dengan kerajaan Firaun di masa lalu.

7. Bahtera Nabi Nuh AS

Nabi Nuh adalah salah seorang Rasul yang diutus untuk berdakwah kepada kaumnya yang mengesakan Allah SWT. Kisah yang populer dari Nabi Nuh adalah pembuatan kapal besar di gunung sebagai perintah dari Allah SWT.

Nabi Nuh dan seluruh umatnya menaiki kapal tersebut untuk menghindari banjir besar. Peninggalan nabi ini ditemukan di Gunung Agri atau Ararat, Turki. Artefak tersebut ditemukan oleh kelompok Noah’s Ark Ministries International dari China.

8. Pedang Nabi Muhammad SAW

Sepanjang hidupnya, diketahui bahwa Nabi Muhammad mempunyai beberapa pedang dengan nama yang berbeda-beda. Salah satu peninggalan nabi ini dijuluki sebagai Al Ma’thur yang pernah digunakan dalam beberapa pertempuran, bersumber dari inilah.com.

Al Ma’thur mempunyai panjang 100 cm dengan gagang emas berkepala emas. Kini, pedang tersebut disimpan di Istana Topkapi.

9. Terompah Nabi Muhammad SAW

Benda peninggalan Nabi Muhammad berikutnya adalah terompah. Alas kaki Nabi ini terbuat dari kulit sapi dan diikat menggunakan dua tali. Sandal ini merupakan saksi bisu perjuangan beliau ketika peristiwa Isra Mi’raj dan perang berlangsung.

10. Sorban Nabi Muhammad SAW

Sorban Rasulullah yang disimpan di museum Topkapi, beberapa kali dipinjamkan untuk dipamerkan di Indonesia.

Sorban ini sering digunakan Nabi Muhammad sewaktu masih hidup. Sorban peninggalan Nabi berwarna hijau, karena hijau merupakan warna favorit beliau.

11. Cawan Nabi Muhammad SAW

Benda peninggalan Rasulullah selanjutnya adalah cawan. Cawan terbuat dari tembaga yang mengkilap dan berbentuk cekung dengan ukiran khas Timur Tengah di atas penutupnya.

Cawan biasa digunakan Nabi Muhammad untuk minum dan membasuh wajah saat berwudhu.

Rasulullah juga membawa cawan ini ke mana pun ia pergi. Benda ini masih ada di masjid Heart Of Chechnya, Rusia.

Baca Juga: Candi Buddha Lebih Tua dari Borobudur Ditemukan Arkeologi Malaysia

12. Rambut Nabi Muhammad SAW

Sehelai rambut Nabi Muhammad SAW masih disimpan dalam tabung kecil di kota suci Mekah. Benda peninggalan Rasulullah ini merupakan sisa dari perang Uhud. Helai rambut Nabi Muhammad SAW juga dapat ditemui di dalam Museum Topkapi.

Helaian ini merupakan janggut milik Nabi Muhammad SAW. Di Museum Topkapi juga menyimpan salah satu patahan gigi Nabi Muhammad SAW, yang didapat ketika Perang Ubud pada 19 Maret 625.

13. Surat-surat Nabi Muhammad SAW

Semasa hidupnya, Nabi Muhammad sering menuliskan surat. Mulai dari surat yang ditujukan kepada para Raja hingga surat yang beliau tulis untuk rakyat. Contohnya selembar surat dari Rasulullah untuk Najashi, Raja Habsa.

Ada juga surat yang Nabi berikan kepada Kaisar Romawi, serta surat untuk Raja Heraklius di Romawi, surat Nabi untuk Raja Maqauqas, Mesir, hingga surat yang diperuntukkan Nabi kepada rakyat Oman.

14. Al Quran Mushaf Utsman

Al Quran Mushaf Utsman adalah kumpulan wahyu yang diterima Nabi Muhammad SAW dan ditulis oleh Zaid bin Tsabit. Al Quran dan hadis ini merupakan peninggalan Rasulullah yang paling berharga, karena menjadi pedoman dan tuntunan hidup semua umat Muslim di dunia. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS