Euro 2024: Adu Penalti Antarkan Inggris ke Semifinal

Mustaqim

Reporter

Minggu, 07 Juli 2024  /  7:59 am

Pemain-pemain Inggris meluapkan kegembiraan usai Trent Alexander Arnold memastikan kemenangan lewat adu penalti melawan Swiss di perempat final Euro 2024 di Dusseldorf Arena, Sabtu (6/7/2024) malam WIB. Foto: Repro euro.com

DUSSELDORF, TELISIK.ID - Inggris melaju ke semifinal ketiga mereka dalam empat turnamen Euro ketika Trent Alexander Arnold memastikan kemenangan lewat adu penalti atas Swiss di perempat final Euro 2024 di Dusseldorf Arena, Dusseldorf, Sabtu (6/7/2024) malam WIB.

Partai Inggris versus Swiss adalah perempat final Euro 2024 ketiga berturut-turut yang berlanjut ke perpanjangan waktu, dengan dua di antaranya ditentukan melalui adu penalti. Satu adu penalti lainnya saat Prancis menumbangkan Portugal.

Adu penalti dalam duel Inggris dan Swiss dipastikan setelah kedua tim bermain imbang 1-1 hingga babak perpanjangan waktu berakhir.

Breel Embolo membawa Swiss unggul setelah 75 menit pertandingan berjalan. Kemudian Bukayo Saka menyamakan kedudukan lima menit berikutnya. Empat tahun lalu Saka absen dalam kekalahan adu penalti final Euro 2020 Inggris oleh Italia.

“Dia (Bukayo Saka, red) sangat berani, dia salah satu yang terbaik sehingga kami tidak pernah ragu bahwa dia akan mengambilnya,” kata pelatih Gareth Southgate usai pertandingan.

Saka mengaku untuk kembali dari situasi tertekan sangat sulit. Namun, dia menggunakan kesempatan itu untuk membuatnya lebih kuat. Dia pun mengaku bahagia berkat sukses mengantar Inggris ke semifinal.

“Mudah-mudahan pertandingan berikutnya kami bisa menang dalam 90 menit. Tetapi jika ini yang diperlukan, kami akan melakukan apa saja,” ujarnya.

Pertandingan berikutnya di semifinal yang akan dilaksanakan di Dortmund, Kamis (11/7/2024) dinihari pukul 02:00 WIB, Inggris akan bertemu pemenang antara Turki dan Belanda.

“Luar biasa. Ini adalah tujuan dan sasaran yang kami tetapkan untuk diri kami sendiri. Tim menunjukkan banyak karakter, keyakinan, banyak hati dan semangat di luar sana. Kami menggali dalam-dalam ketika itu paling penting,” kata Alexander Arnold.

Alexander Arnold sebelumnya dikeluarkan dari tim inti setelah dua penampilan mengecewakan di babak penyisihan grup. Dia kemudian masuk sebagai pemain pengganti saat perpanjangan waktu melawan Swiss.

“Banyak latihan masuk ke momen itu. Saya berlatih. Saya tahu tempat apa. Saya tahu saya hanya perlu mengeksekusinya dan saya keluar dan melakukan itu,” ujar Alexander Arnold tentang penalti penentu kemenangan Inggris.

Baca Juga: Euro 2024: Kalahkan Portugal Lewat Adu Penalti, Prancis Tantang Spanyol di Semifinal

Swiss, pemenang mengesankan atas Italia pekan lalu dan mengincar semifinal besar pertama mereka, memimpin pada menit ke-75 menit.

Gol ini terjadi ketika Dan Ndoye melepaskan umpan silang rendah yang dibelokkan dari kanan, sementara Embolo sudah menunggu di depan Kyle Walker untuk memasukan bola.

Southgate merespons dengan segera memasukkan tiga pemain pengganti, Cole Palmer, Luke Shaw, dan Eberechi Eze. Hasilnya lima menit kemudian Inggris menyamakan kedudukan ketika Saka memotong dari sayap kanan dan melepaskan tembakan kaki kiri 20 meter yang brilian ke tiang jauh.

Di perpanjangan waktu pemain Inggris, Declan Rice, melepaskan tembakan mendesis dari tepi kotak penalti namun masih bisa diselamatkan dengan brilian oleh Yann Sommer.

Peluang Swiss juga diperoleh oleh Xherdan Shaqiri yang memotong umpan dari sepak pojok. Tapi tendangannya masih bisa digagalkan oleh Pickford.

Swiss telah kehilangan tiga dari empat adu penalti turnamen besar mereka, sementara rekor Inggris yang terkenal tidak nyaman adalah tujuh kekalahan dan dua kemenangan.

Sekarang Inggris membukukan 7 kekalahan berbanding 3 kemenangan adu penalti setelah Palmer, Jude Bellingham, Saka, Ivan Toney, dan Alexander Arnold sukses memenangkan Inggris.

“Performa besar, hasil besar bagi kami,” kata Southgate.

Southgate mengatakan timnya harus tepat secara taktis untuk bangkit lagi dan menunjukkan karakter dan ketahanan.  

“Memenangkan turnamen bukan hanya tentang bermain dengan baik. Saya pikir kami bermain bagus hari ini dan dan kami menunjukkan semuanya malam ini,” tegasnya.

Selain kekalahan kali ini dari Inggris, Swiss juga kalah di perempat final Kejuaraan Eropa terakhir dalam adu penalti. Shaqiri mengatakan tidak ada yang lebih brutal daripada pulang setelah adu penalti.

“Kami berjuang dan memberikan semua yang kami miliki untuk mencoba dan lolos sehingga kejutan bisa berlanjut. Kami membuat banyak orang di Swiss bangga dan memberi mereka kegembiraan,” ujar Shaqiri.

Pelatih Swiss, Murat Yakin, menilai kekalahan timnya tidak seharusnya terjadi dan dia kecewa dengan hasil tersebut.

“Itu menyakitkan. Kami berusaha keras, menciptakan begitu banyak peluang. Saya sedih untuk para pemain, dan untuk bangsa,” tuturnya.

Yakin mengatakan Inggris tidak memiliki banyak peluang. Sebaliknya Swiss menciptakan beberapa peluang yang bisa menghasilkan gol.

“Kami tidak pantas pulang tetapi kami bisa sangat bangga. Inggris juga tidak pantas kalah, tetapi salah satunya harus kalah,” ujar Yakin.

Baca Juga: Martinez: Cristiano Ronaldo Belum Putuskan Pensiun

Tampil sebagai pemain terbaik dalam pertandingan ini adalah Bukayo Saka. Golnya yang menyamakan kedudukan menyelamatkan Inggris dari kekalahan. Saka juga tampil impresif sepanjang pertandingan, selain sukses mengeksekusi satu penalti di babak adu penalti.

Data dan Fakta:

- Inggris lolos ke semifinal Euro keempat kalinya. Mereka kalah pada 1968 dan 1996, tetapi menang tiga tahun lalu.

- Saka (22 tahun, 305 hari) adalah pemain termuda yang mencetak gol untuk Inggris di perempat final Euro, melampaui Michael Owen melawan Portugal di EURO 2004.

- Inggris membukukan catatan 14 pertandingan tak terkalahkan melawan Swiss (Menang 10 Seri 4), sejak Mei 1981.

- Empat dari lima perempat final turnamen Euro Inggris ditentukan lewat adu penalti.

- Delapan dari 11 pertandingan sistem gugur Euro terakhir Inggris membutuhkan perpanjangan waktu.

- Inggris hanya kehilangan satu dari 19 pertandingan kompetitif terakhir mereka (Menang 12 Seri 6).

- Jude Bellingham (21 tahun, 7 hari) adalah pemain termuda yang tampil di dua perempat final Euro.

- Tidak termasuk adu penalti, Southgate tidak pernah kalah dalam pertandingan Euro sebagai pelatih (Menang 8 Seri 4).

- Empat dari lima pertandingan sistem gugur Euro terakhir Swiss telah diselesaikan dengan adu penalti.

Susunan pemain

Inggris: Pickford; Walker, Konsa (Palmer 78’), Batu, Konsa; Trippier (Eze 78’), Mainoo (Shaw 78’), Beras, Saka; Bellingham, Foden (Alexander Arnold 115’); Kane (Toney 110’) ·

Swiss: Sommer, Schar, Akanji, Rodriguez; Rieder (Zuber 63’), Freuler (Sierro 118’), Xhaka, Aebischer (Amdouni 118’); Ndoye (Zakaria 98’), Embolo (Shaqiri 109’), Vargas (Widmer 63’). (C)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS