Jokowi Amini Terbentuknya Kabinet Zaken di Era Prabowo - Gibran

Ahmad Jaelani

Reporter

Sabtu, 21 September 2024  /  5:02 pm

Presiden Jokowi mendukung wacana pembentukan kabinet zaken atau kabinet yang berisikan kalangan profesional pada pemerintahan Prabowo. Foto: Instagram@jokowi

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara terbuka menyatakan dukungannya terhadap wacana pembentukan kabinet zaken dalam pemerintahan mendatang yang dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Menurutnya, pembentukan kabinet yang terdiri dari kalangan profesional akan memberikan dampak positif bagi jalannya pemerintahan, terutama dalam hal efektivitas kerja menteri-menteri terpilih.

“Bagus sekali, artinya memang kabinet yang bekerja, kabinet yang setelah dilantik nanti segera bergerak bekerja dan tidak menghabiskan waktu membuat hal yang tidak perlu,” ujar Jokowi kepada awak media di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (21/9/2024), seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Polemik Pansus Haji, Menag Yaqut Bakal Dijemput Paksa

Dukungan Jokowi terhadap konsep kabinet zaken ini dinilai penting, mengingat pengalaman yang dimilikinya selama memimpin dua periode pemerintahan.

Jokowi percaya bahwa kabinet yang diisi oleh profesional, terutama yang memiliki kompetensi khusus dalam bidang tertentu, akan mempercepat realisasi program-program kerja pemerintah.

Namun, terkait komposisi kementerian dan peluang masuknya PDI Perjuangan dalam kabinet Prabowo-Gibran, Jokowi menekankan bahwa hal tersebut sepenuhnya merupakan hak prerogatif Prabowo sebagai presiden terpilih.

Baca Juga: Tak Minta Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran, PKS Fokus Bangun Bangsa

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah beberapa kali mengisyaratkan niatnya untuk membentuk kabinet zaken.

Kabinet zaken sendiri adalah konsep yang berasal dari Belanda, yang merujuk pada kabinet yang terdiri dari para ahli atau profesional yang memiliki tanggung jawab spesifik terhadap suatu masalah pemerintahan.

Berbeda dengan kabinet tradisional yang biasanya memiliki tanggung jawab yang lebih luas dan umum, kabinet zaken memungkinkan setiap menteri untuk fokus pada isu-isu tertentu yang membutuhkan perhatian khusus. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS