Jokowi dan Ibu Negara Mulai Nginap di IKN, Besok Mulai Berkantor

Ahmad Jaelani

Reporter

Minggu, 28 Juli 2024  /  2:36 pm

Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Iriana, dijadwalkan mulai menginap di IKN. Foto: Repro presidenri.go.id

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana, mulai menginap di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari ini. Diagendakan mulai berkantor besok, Senin (29/7/2024). Menjadi bagian dari upaya mempercepat operasional pemerintahan di ibu kota baru.

Jokowi berencana berkantor di IKN selama tiga hari untuk mengawasi langsung perkembangan proyek dan kegiatan di sana. Kegiatan ini mencakup peresmian beberapa infrastruktur penting dan peninjauan sejumlah fasilitas utama di IKN. Kehadiran Jokowi di IKN sekaligus untuk memastikan kesiapan lokasi untuk upacara Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang.

"Hari ini bapak presiden dan ibu negara akan bermalam di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara. Besok Beliau (Jokowi) akan berkantor di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana kepada wartawan,  seperti dilansir dari Suara.com, Jaringan Telisik.id, Minggu (28/7/2024).

Selain itu, kunjungan kerja ini menjadi kesempatan bagi Jokowi untuk mengecek kemajuan pembangunan kantor presiden dan Istana Negara di IKN. Infrastruktur ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk memindahkan pusat administrasi negara ke Kalimantan Timur.

Beberapa proyek infrastruktur seperti jembatan Pulau Balang Bentang Panjang dan jalan tol IKN juga akan diresmikan dalam kunjungan ini. Jokowi akan didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Kepala Otorita IKN, bersumber dari antatanews.com.

Baca Juga: Sosok Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakilnya Undur Diri Jelang Rencana Jokowi Gelar Upacara HUT RI ke-79 di IKN

Kehadiran mereka bertujuan untuk memastikan seluruh persiapan berjalan lancar dan sesuai jadwal. Kunjungan ini juga diharapkan dapat memberikan dorongan moral bagi para pekerja yang terlibat dalam pembangunan IKN.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengungkapkan agenda Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kembali akan mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) pada akhir Juli ini.

Kegiatan kepala negara di IKN itu diungkap Heru saat menanggapi pertanyaan mengenai rencana Jokowi berkantor di IKN. Seperti diketahui rencana presiden berkantor di IKN ditargetkan Juli.

Heru menyampaikan kunjungan Jokowi di IKN dalam rangka meresmikan jalan tol sekaligus melakukan peninjauan pada 28 Juli. Ia berujar pihaknya bersama Kementerian PUPR tengah menyiapkan segala kebutuhan.

"Rencana tanggal 28 beliau akan meresmikan tol dan meninjau. Kami bersama PUPR dan Sekretariat Presiden mempersiapkan segala kebutuhan untuk bapak presiden berkantor di IKN," kata Heru di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Sementara itu ditanya kepastian kapan presiden berkantor di IKN, Heru sebatas menyampaikan perihal kegiatan Jokowi di IKN pada akhir bulan ini.

Baca Juga: Nasib IKN Usai Indonesia Ganti Presiden 2024, Bakal Jadi Kota Hantu?

"Ya beliau kan rencana tanggal 28 ke IKN," kata Heru.

Bukan cuma melakukan kunjungan, Jokowi diagendakan bermalam di IKN.

"Ya 1-2 hari. Saya lagi persiapkan ini rapat dengan teman-teman Setpres dan PUPR juga mempersiapkan," kata Heru. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS