Ketua STIK Lemdiklat Polri Nico Afinta Dilantik Jadi Sekjen Kemenkumham

Sigit Purnomo

Reporter

Selasa, 24 September 2024  /  7:20 pm

Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta, jabat Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan HAM gantikan Andap Budhi Revianto. Foto: Ist

JAKARTA, TELISIK.ID – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Supratman Andi Agtas, melantik Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Graha Pengayoman, Selasa (24/9/2024).

Nico dilantik untuk menggantikan Andap Budhi Revianto yang menjabat sejak 2021, kini sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara.

Supratman berharap Nico dapat membawa perubahan positif dalam Kemenkumham. Dia menekankan pentingnya peran Sekjen sebagai tulang punggung dalam manajemen dan administrasi kementerian.

Baca Juga: Lima Anggota DPR Terpilih dari PKB Dicoret, PBNU Desak DKPP Pecat Ketua KPU

“Sebagai Sekretaris Jenderal, Anda bukan hanya pemimpin, tetapi juga penggerak perubahan,” ujarnya.

Supratman juga meminta Nico untuk tidak hanya fokus pada pencapaian visi dan misi Kemenkumham, tetapi juga menjaga kepercayaan publik terhadap organisasi ini.

Tanggung jawab ini bukan hal yang ringan, tetapi Supratman yakin dengan pengalaman Nico yang akan mampu meneruskan tongkat estafet kepemimpinan sebagai Sekjen Kemenkumham.

Selama acara tersebut, Supratman juga melantik Andap Budhi Revianto sebagai Staf Ahli Bidang Sosial dan Sofyan sebagai Penyuluh Hukum Ahli Utama. Dia mengapresiasi dedikasi Andap selama menjabat dan berharap kontribusi barunya dapat lebih mendalam bagi Kemenkumham.

Baca Juga: Nomor Ponsel Akun Kaskus Fufufafa Persis dengan Isi Foto Dokumen saat Gibran Ikut Pilkada Solo

Momen pelantikan ini juga diharapkan Supratman menjadi titik tolak baru dalam menjaga dan meneruskan roda organisasi Kemenkumham sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan.

“Setiap individu memiliki peran penting dalam organisasi. Mari kita bekerja keras dan berbagi pengetahuan untuk mencapai tujuan bersama,” pinta Supratman.

Nico Afinta, lahir di Surabaya pada 30 April 1971, adalah perwira tinggi bintang dua di Kepolisian Negara Republik Indonesia. Sebelum menjabat sebagai Sekjen Kemenkumham, ia memiliki berbagai posisi strategis, termasuk Kapolda Jatim dan Kalsel, serta Dirtipidum Bareskrim Polri. (Adv/C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS