Kolaka Timur Terus Bebenah Jelang HUT ke-59 Sulawesi Tenggara

Adinda Septia Putri

reporter

Kamis, 30 Maret 2023  /  8:41 am

Pengecekan lokasi HUT ke-59 Sulawesi Tenggara di Kabupaten Kolaka Timur oleh Pemprov dan Pemkab yang sudah rampung 80 persen. Foto: Ist.

KENDARI, TELISIK.ID – Tuan rumah penyelenggaraan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Tenggara ke-59, Kabupaten Kolaka Timur terus berbenah. Koordinasipun terus dilakukan antara Pemprov dengan Bupati Kolaka Timur, Abdul Aziz, demi mempermantap persiapan.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara, Belli Tombili dan Kepala Biro Pemerintahan Muliadi mewakili Pemprov Sulawesi Tenggara dalam rapat koordinasi yang dihadiri oleh seluruh jajaran pemerintah kabupaten (pemkab), mulai dari sekretaris daerah, pimpinan OPD, dan para camat. Unsur Forkopimda Kolaka Timur seperti Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan Negeri, dan Kapolres Kolaka Timur turut hadir.  

Dalam rapat tersebut, Azis menyampaikan kesiapannya menjadi tuan rumah. Dia meminta seluruh jajarannya untuk memaksimalkan persiapan demi menyambut para tamu dari 17 kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara serta undangan lainnya.

“Saat ini persiapan venue penyelenggaraan sudah mencapai 80 persen. Tim terus bekerja untuk mempersiapkan lokasi pelaksanaan HUT di Kecamatan Tirawuta, yang luasnya sekitar delapan hektare,” jelas Azis.

Lahan tersebut tepat berada di belakang Rumah Jabatan Bupati Kolaka Timur. Usai rapat, Bupati bersama dengan seluruh peserta rapat meninjau lokasi pelaksanaan HUT.

Terkait dengan penginapan para tamu yang diperkirakan mencapai ribuan orang, Azis memerintahkan seluruh jajarannya untuk mempersiapkan rumah-rumah penduduk sebagai tempat akomodasi karena jumlah hotel di Kolaka Timur tidak mencukupi untuk menampung seluruh tamu.

Baca Juga: Lokasi HUT Sulawesi Tenggara Hampir Rampung

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, Belli Tombili mengungkapkan, rapat dengan jajaran Pemkab Kolaka Timur kali ini merupakan tindak lanjut dari rapat yang digelar Pemprov yang dipimpin Sekretaris Daerah  Asrun Lio, Senin (27/3/2023) lalu.

Belli menyatakan, penyelenggaraan HUT ke-59 kali ini sangat istimewa karena merupakan HUT terakhir di era pemerintahan AMAN (Ali Mazi-Lukman Abunawas) dan dilaksanakan masih dalam suasana lebaran Idul Fitri.

Oleh karena itu, kata Belli, rangkaian pelaksanaan HUT kali ini berlangsung cukup panjang yang diawali dengan upacara dan Sidang Paripurna DPRD dalam rangka HUT yang dilaksanakan di Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara pada tanggal 27 April 2023.

“Pada pelaksanaan upacara itu juga akan diundang para camat, kepala desa, dan lurah se-Sulawesi Tenggara, yang akan dilanjutkan dengan dialog bersama gubernur,” jelasnya.

Kemudian, pada tanggal 1 Mei 2023, akan digelar panggung hiburan rakyat yang dilaksanakan di Kota Kendari, yang rencananya menghadirkan artis legendaris Iwan Fals. Momentum ini sekaligus menjadi ajang kick off peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia/Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI).

Provinsi Sulawesi Tenggara menjadi satu dari sembilan provinsi di Indonesia yang menjadi lokasi penyelenggaraan peluncuran Gernas BBI/BBWI, yang merupakan agenda prioritas pemerintah pusat dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19.    

Rangkaian terakhir penyelenggaraan HUT adalah pameran pembangunan yang melibatkan seluruh OPD Pemprov Sulawesi Tenggara, kabupaten/kota, instansi vertikal, BUMN, dan swasta serta UMKM. Kegiatan pameran ini direncanakan berlangsung pada tanggal 3-7 Mei 2023.

Pada rapat yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara Asrun Lio Senin lalu, mencuat dua alternatif waktu penyelenggaraan pameran, yakni tanggal 3-6 Mei atau tanggal 7-10 Mei. Namun, dalam rapat yang digelar di kantor Bupati Kolaka Timur tersebut, Bupati Abdul Azis meminta pelaksanaan pameran digelar pada tanggal 3-7 Mei 2023.

Baca Juga: Koltim Tampilkan Potensi Daerah di Pameran HUT Sultra ke-58

“Hasil rapat ini selanjutnya akan kami laporkan ke Bapak Sekda Provinsi dan Bapak Gubernur untuk mengkonfirmasi seluruh rangkaian dan jadwal pelaksanaan HUT Sultra,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Sulawesi Tenggara Muliadi mengungkapkan, pihaknya sedang menuntaskan draft kepanitiaan yang melibatkan baik Pemprov maupun Pemkab Kolaka Timur.

Dia berharap, pihak-pihak di jajaran Pemkab Kolaka Timur yang akan masuk dalam kepanitiaan untuk segera disampaikan dalam rangka finalisasi kepanitaan tersebut.

“Kepanitiaan ini kita maksudkan untuk sistematisnya rangkaian penyelenggaraan HUT. Kita berharap semua pihak terkait dapat ambil bagian untuk menyukseskan HUT Sultra kali ini,” katanya. (A-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS