Mau Awet Muda? Lakukan 5 Cara Ini Agar Terlihat 10 Tahun Lebih Muda

Fitrah Nugraha

Reporter

Kamis, 06 Januari 2022  /  10:46 am

Perawatan wajah agar terlihat awet muda. Foto: Repro diego_cervo

KENDARI, TELISIK.ID - Meski usia sudah tua, namun setiap orang menginginkan tetap awet muda. Apalagi jika terlihat awet muda 10 tahun lebih muda.

Mengutip sehatq.com, penuaan merupakan proses alami yang akan terjadi pada setiap orang. Seiring pertambahan usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya sehingga tanda-tanda penuaan pun bermunculan. Misalnya, kulit kering, menipis, kendur, kulit keriput, garis-garis halus, hingga bercak atau flek hitam.

Belum lagi faktor genetik serta faktor dari luar, seperti paparan sinar matahari berlebihan, kebiasaan merokok, pola makan, stres, dan pola tidur kurang baik juga menjadi penyebab kulit menua lebih cepat.

Walaupun proses menua berjalan secara alami dan tidak dapat dihentikan, untuk tetap awet muda, kekuatan sebenarnya ada di dalam diri sendiri, hanya saja kita tidak mengetahuinya.

Seringkali orang menganggap untuk bisa tampil lebih awet muda adalah usaha yang keras dan mengeluarkan biaya yang besar. Padahal cukup dengan beberapa penyesuaian sederhana atas kebiasaan harian, impian terlihat lebih muda bisa saja tercapai.

Mengutip cnnindonesia.com, ahli dermatologi Angela J. Lamb berbagi sejumlah saran yang paling penting untuk terlihat 10 tahun lebih muda.

Berikut lima cara terlihat awet muda, bahkan 10 tahun lebih muda yang bisa kita lakukan:

1. Tidak menggosok atau kucek mata

Kerutan umumnya sering terlihat di bagian leher, dahi, dan mata. Sebagaimana dilansir Eat This, Not That!, Lamb mengatakan bahwa kulit bawah dan di sekitar mata merupakan bagian paling lembut serta rapuh.

Oleh karenanya, dia menyarankan agar tidak sering menggosok atau kucek mata.

Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah kecil pecah, dan mengakibatkan bengkak atau muncul kerutan bahkan sebelum waktunya.

2. Gunakan serum

"Investasikan dalam serum yang bagus," kata Lamb. "Serum adalah produk kekuatan Anda dengan bahan aktif. Mereka sangat penting! Pikirkan vitamin C, A, E-secara topikal."

Meski harganya cukup mahal, tapi Lamb mengatakan hasil yang didapat akan sepadan.

3. Banyak minum air

Meningkatkan kadar air di kulit Anda dapat mencegahnya dari terlihat kering dan kusam.

Pastikan minum delapan gelas air setiap hari direkomendasikan oleh banyak dokter kulit, dan Anda juga dapat memeriksa produk topikal untuk bahan skincare seperti Urea, Gliserin, Ceramide, dan Hyaluronic Acid.

Jika ruangan Anda sangat kering, pertimbangkan untuk menggunakan pelembap udara dan juga hindari mandi air panas terlalu lama, yang dapat membuat Anda dehidrasi.

4. Pakai tabir surya

Menurut Lamb, tabir surya merupakan cara terbaik untuk membantu menjaga kulit Anda terlihat muda dan sehat.

"Gunakan kembali setiap 90 menit saat Anda ke luar ruangan," sarannya.

Baca Juga: 4 Manfaat Jalan Kaki Rutin untuk Kesehatan Mental

Faktanya, satu penelitian menunjukkan bahwa jika Anda memakai tabir surya setiap hari, penuaan kulit akan 24 persen lebih sedikit dibandingkan seseorang yang menggunakannya hanya sesekali.

5. Tidur cukup

"Hormon stres dan kurang tidur benar-benar memecah kolagen dan mempercepat penuaan," kata Lamb.

Belum lagi, seiring bertambahnya usia, kurang tidur dapat menyebabkan masalah ingatan, lekas marah, depresi, serta rentan sakit.

Baca Juga: Bahaya, Jangan Ucapkan Ini Pada Penderita Gangguan Mental

Setelah mengetahui lima cara terlihat awet muda tersebut, Lamb menambahkan bahwa hanya dengan tersenyum, hubungan yang baik dan kegembiraan yang murni juga terbukti membantu membuat Anda terlihat lebih muda. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali