4 Manfaat Jalan Kaki Rutin untuk Kesehatan Mental

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 06 Januari 2022
0 dilihat
4 Manfaat Jalan Kaki Rutin untuk Kesehatan Mental
Jalan kaki merupakan pilihan olahraga yang mudah dilakukan, bahkan tanpa sadar kita lakukan setiap hari. Foto: Repro tribunnews.com

" Jalan kaki merupakan pilihan olahraga yang mudah untuk dilakukan "

KENDARI, TELISIK.ID - Kesehatan merupakan yang terpenting untuk dijaga. Salah satunya dengan rutin melakukan olahraga jalan kaki setiap hari.

Tidak seperti olahraga lainnya, jalan kaki tidak membutuhkan banyak peralatan. Cukup luangkan waktu sekitar 30 menit untuk melakukan olahraga ini.

Makanya olahraga jalan kaki merupakan pilihan olahraga selain berlari yang mudah untuk Anda lakukan. Bahkan tanpa sadar, Anda sebenarnya telah berjalan kaki hampir setiap hari.

Jalan kaki tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tapi juga memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan mental.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah manfaat jalan kaki secara mental:

1. Membuat suasana hati makin baik

Manfaat jalan kaki ternyata serupa dengan makan cokelat dalam meningkatkan suasana hati.

Pasalnya, orang yang rutin berjalan kaki mengalami perubahan sistem saraf yang menimbulkan rasa senang dan membuat suasana hati lebih baik.

Suasana hati yang makin baik tentu akan membawa hari-hari yang Anda lalui penuh dengan produktivitas yang baik dan positif.

2. Memicu kreativitas

Sebuah penelitian dalam Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition (2014) membuktikan bahwa jalan kaki bermanfaat memicu kreativitas Anda.

Oleh karena itu, mempraktikkan hal ini setiap hari tentu bisa Anda jadikan terapi berpikir kreatif.

Jika jarak tempat tinggal hanya sekitar 30 menit dari rumah, Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan tidak naik kendaraan.

Berjalan kaki pada pagi hari akan jauh lebih menyehatkan. Hal ini karena sinar matahari pagi juga menjadi sumber vitamin D terbaik untuk tubuh Anda.

3. Jernihkan pikiran

Manfaat khusus jalan kaki adalah stimulasi secara bilateral, yang dapat membuat pikiran lebih jernih.

Baca Juga: Simak 4 Manfaat Push Up untuk Tubuh dan Kesehatan Kamu

Ada perawatan psikologis berbasis bukti, seperti Eye Movement Desensitisation and Reprocessing (EMDR) yang memanfaatkan dampak positif dari stimulasi bilateral otak untuk kesehatan mental, dan berjalan kaki adalah cara yang sangat mudah dan terjangkau untuk melakukan ini.

4. Tingkatkan energi

Olahraga dengan berjalan juga dapat memberi Anda dorongan energi yang sangat dibutuhkan.

Berjalan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan otak. Sehingga jalan kaki mendorong orang untuk merasa lebih berenergi karena peningkatan kadar darah beroksigen yang mengalir ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Bahaya, Jangan Ucapkan Ini Pada Penderita Gangguan Mental

Aktivitas fisik tidak perlu intens untuk secara umum dianggap bermanfaat dalam mengurangi risiko depresi klinis, dan berjalan kaki saja sudah cukup. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani HambaliĀ 

Artikel Terkait
Baca Juga