Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono: Lebih Tajir dari Prabowo, Ini Isi Garasinya

Ahmad Jaelani

Reporter

Rabu, 23 Oktober 2024  /  10:40 pm

Presiden Prabowo Subianto dan Sakti Wahyu Trenggono (kanan). Foto: Instagram @swtrenggono

JAKARTA, TELISIK.ID - Sakti Wahyu Trenggono, yang diberi aman menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam kabinet Presiden Prabowo Subianto, mencuri perhatian publik karena kekayaan yang dimilikinya.

Harta kekayaan Sakti melebihi Prabowo Subianto, Presiden Indonesia ke-8 sekaligus mantan Menteri Pertahanan. Kekayaannya yang sangat besar didukung oleh koleksi kendaraan mewah yang tersimpan di garasinya.

Mayoritas menteri dalam Kabinet Merah Putih, termasuk Sakti Wahyu Trenggono, telah melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Berdasarkan laporan LHKPN yang disampaikan pada 26 Maret 2024, Sakti mencatat kekayaan fantastis senilai Rp 2,6 triliun. Angka tersebut membuatnya berada di posisi pertama sebagai menteri terkaya di Kabinet Merah Putih.

Baca Juga: Kemenkumham Siap Bertransformasi dalam Kabinet Merah Putih

Jika dibandingkan dengan Prabowo, yang memiliki kekayaan sebesar Rp 2,04 triliun menurut LHKPN pada 20 Oktober 2023, kekayaan Sakti jauh lebih besar.

Komposisi kekayaan Sakti terdiri dari berbagai aset berharga. Harta bergerak lainnya mencapai Rp 22,9 miliar, surat berharga senilai Rp 2,2 triliun, kas dan setara kas Rp 156,1 miliar, serta harta lainnya mencapai Rp 166,9 miliar.

Tidak hanya itu, koleksi kendaraan Sakti yang terdaftar di LHKPN juga tak kalah mencuri perhatian. Beberapa kendaraan mewah yang dimilikinya antara lain adalah:

Mobil Audi RS 5 2015 dengan nilai Rp 800 juta

Mobil Mini Cooper S Countryman F60 2023 seharga Rp 1,010 miliar

Motor Honda Beat 2018 senilai Rp 3,250 juta

Semua kendaraan ini diklaim oleh Sakti sebagai hasil usahanya sendiri, bukan merupakan barang hibah dari pihak lain. Hal ini memperkuat citra dirinya sebagai seorang pengusaha sukses sebelum terjun ke dunia politik.

Pelantikan Sakti sebagai menteri kelautan dan perikanan dilakukan oleh Prabowo pada Senin (21/10/2024), di Istana Negara, Jakarta. Kehadirannya di Kabinet Merah Putih menjadi salah satu sorotan utama, mengingat rekam jejaknya yang sudah panjang di dunia politik dan bisnis.

Baca Juga: Daftar 56 Wakil Menteri Kabinet Merah Putih yang Dibentuk Prabowo

Mengutip CNN Indonesia, Rabu (23/10/2024), Sakti Wahyu Trenggono bukanlah sosok baru dalam perpolitikan Indonesia. Sebelum menjadi menteri, ia dikenal sebagai pengusaha sukses dan politikus andal.

Ia sempat menjabat sebagai bendahara di Partai Amanat Nasional (PAN) serta menjadi bagian dari tim sukses Joko Widodo dalam berbagai pemilihan, mulai dari tingkat kota hingga nasional.

Pengalaman politiknya semakin terasah ketika Presiden Joko Widodo menunjuknya sebagai Wakil Menteri Pertahanan dalam Kabinet Indonesia Maju.

Dari posisi tersebut, karirnya semakin melesat hingga akhirnya diangkat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI pada 23 Desember 2020, menggantikan Edhy Prabowo yang tersandung kasus korupsi. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS