Pemkab Bombana Tingkatkan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah dengan SIPD

Melsandy Wauda

Reporter

Rabu, 29 Mei 2024  /  8:12 pm

Pemkab Bombana mengikuti sosialiasi penggunaan SIPD dan IKK dalam rangka transparansi pengelolaan keuangan daerah. Foto: Ist.

BOMBANA, TELISIK.ID - Guna meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam mengelola keuangan daerah, Pemkab Bombana mengadakan sosialisai penerapan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dan pengukuran Indeks Kualitas Kebijakan (IKK) di Hotel Orchardz Jayakarta, DKI Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Selain Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana beserta jajarannya, kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah, Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Simon Saimima, Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Kemendagri Erikson, P. Manihuruk.

Kemudian SIPD Lead Team Pusdatin Kemendagri, Gagat Sidi Wahong, Analis Keuangan Pusat Dan Daerah Ahli Muda Pada Subdit Wilayah III B Direktorat Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah, ?oyke ?artz Siagian, Kepala LAN RI yang diwakili oleh Rabiatul.

Baca Juga: Jelang Idul Adha Disperindagkop Pastikan Stok Bahan Pokok di Bombana Aman

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu langkah maju dalam sistem pengelolaan informasi dalam melakukan perencanaan, penganggaran, dan pelaporan yang lebih akurat dan tentunya terintegrasi.

"Dengan aplikasi SIPD ini, pengelolaan anggaran akan lebih efisien dibandingkan dengan sebelumnya, secara manual," tutur Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto.

Baca Juga: Pemda Bombana Terus Berinovasi untuk Menekan Inflasi

Selain sosialisasi SIPD, pengukuran Indeks Kualitas Kebijakan (IKK) dengan tujuan mendorong penguaran partisipasi publik dalam pembuatan kebijakan khususnya dalam kebijakan berbasis bukti atau evidence-based- policy agar dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat di Kabupaten Bombana.

“Dengan adanya IKK, kita dapat mengevaluasi sejauh mana kebijakan yang telah kita terapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Bombana,” tambahnya.

Pemda Bombana berharap, dengan sosialisasi ini bisa mendapat pemahaman mendalam tentang pentingnya SIPD dan IKK untuk meningkatkan pemerintahan daerah yang berorientasi pada hasil. (C-Adv)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS