Pemkab Muna Barat Raih SAKIP Award 2024 untuk Tingkatkan Transparansi Kinerja

Putri Wulandari

Reporter Muna Barat

Jumat, 04 Oktober 2024  /  10:18 pm

Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo (kanan), saat menerima SAKIP Award 2024 dari Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas, di Jakarta pada Rabu (2/10/2024) lalu. Foto: Ist

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat berhasil meraih penghargaan SAKIP Award 2024 sebagai bentuk pengakuan atas peningkatan akuntabilitas dan transparansi kinerja instansi pemerintah.

Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas, di Hotel Bidakarta, Jakarta, pada Rabu (2/10/2024) lalu.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, La Ode Butolo, mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi atas upaya Pemkab Muna Barat dalam meningkatkan akuntabilitas dan transparansi kinerja.

Baca Juga: Kisah Aswan Syafiuddin: Dari Sopir Truk Jadi Anggota DPRD Baubau

Ia menegaskan bahwa pencapaian ini menjadi titik awal bagi pemerintah daerah untuk terus berinovasi dan melakukan perbaikan dalam pelayanan publik serta pengelolaan anggaran.

“Penghargaan ini menjadi pemacu semangat kami untuk lebih giat dalam menjalankan program-program pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif,” ujar La Ode Butolo, Jumat (4/10/2024)

Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Kabupaten Muna Barat, Muhtar, menambahkan bahwa penghargaan ini merupakan hasil dari komitmen seluruh jajaran Pemkab Muna Barat dalam mengoptimalkan tata kelola yang lebih baik dan transparan.

Baca Juga: KM Natuna Express Rute Lasalimu-Wanci Alami Kebakaran di Perairan Malaoge

“Kami terus mendorong perbaikan di segala lini, baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan program,” katanya.

Untuk diketahui, Pemkab Muna Barat berhasil memperbaiki predikat SAKIP menjadi B, setelah sebelumnya berada dalam kategori C (cukup). Hal ini menunjukkan perlunya peningkatan signifikan dalam akuntabilitas dan efektivitas kinerja.

Menteri PAN-RB, Abdullah Azwar Anas, juga menekankan pentingnya peningkatan akuntabilitas di setiap pemda sebagai langkah untuk memperbaiki efektivitas penggunaan anggaran, menekan angka kemiskinan, serta mendukung belanja produk dalam negeri melalui e-katalog. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS