KM Natuna Express Rute Lasalimu-Wanci Alami Kebakaran di Perairan Malaoge

Wa Ode Hesti, telisik indonesia
Jumat, 04 Oktober 2024
0 dilihat
KM Natuna Express Rute Lasalimu-Wanci Alami Kebakaran di Perairan Malaoge
Kapal KM. Natuna Express saat terbakar di perairan Malaoge, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton. Foto: Wa Abi

" KM. Natuna Express rute Lasalimu-Wanci mengalami kebakaran di perairan Malaoge Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada Jumat (4/10/2024) pukul 11.00 Wita "

WAKATOBI, TELISIK.ID – KM. Natuna Express rute Lasalimu-Wanci mengalami kebakaran di perairan Malaoge Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada Jumat (4/10/2024) pukul 11.00 Wita.

KM. Natuna Express merupakan kapal yang memuat penumpang dan barang dengan rute Lasalimu ke Wanci dengan jam keberangkatan pukul 08.00 Wita dari Pelabuhan Wanci ke Pelabuhan Lasalimu sedangkan dari Lasalimu berangkat pukul 10.45 Wita.

Adapun ABK kapal sebanyak 5 orang yaitu La Siramin (kapten), La Roki (KKM), Safarudin (juru mudi), Lasman (juru mudi), dan La Ode Duru Asrim (juru minyak). Jumlah penumpang 76 orang di antaranya dewasa 74 orang dan anak-anak 2 orang.

Baca Juga: KM Natuna Ekspres Rute Lasalimu - Wanci Wakatobi Terbakar di Tengah Laut

Kronologi kebakaran KM. Natuna Exspress yang berangkat dari Pelabuhan Lasalimu pukul 10.45 Wita, pada saat perjalanan sekitar 6 mil, terjadi kebakaran di bagian perairan Malaoge Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton di bagian buritan atas kapal.

“Saya posisinya tadi itu di toilet. Keluar dari toilet ada penumpang yang panik dan berteriak. Perkiraan saya ada kejadian apa, ternyata setelah saya perhatikan ada asap dan ternyata barang yang ada di bagian buritan kapal terbakar,” ujar Kapten Kapal, La Siramin.

Baca Juga: Tomas Napabalano Muna Dukung Program Pengembangan Jagung Paslon Bahtera

Dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran berasal dari tumpukan barang kiriman paket online yang diduga botol parfum. Menurut juru mudi, Lasman, di bagian buritan kapal hanya ada tumpukan paket online dan tidak ada orang di situ.

Kebakaran kapal berlangsung sekitar 16 menit dan pada saat kejadian, kapal sempat putar haluan hendak kembali ke Malaoge. Tetapi karena api sudah berhasil dipadamkan, kapal putar haluan kembali menuju Wanci (tiba pukul 13.30 Wita). Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan jumlah kerugian material belum bisa ditafsirkan.

“Api berasal dari tumpukan barang paket online. Berkat kerja sama ABK kapal serta penumpang, api berhasil dipadamkan dan memutar haluan ke Wanci,” ujar ABK lainnya, La Roki. (A)

Penulis: Wa Ode Hesti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga